Kamis, 02/05/2024 05:41 WIB

Begini Cara Korsel Kenalkan Korut Pada Anak-anaknya

Korea Utara dan Selatan memang bermusuhan, namun bukan berarti hal itu membuat anak-anak dari kedua negara tersebut tidak saling mengenal identitas negara yang saling bermusuhan itu

Ilustrasi (Foto: Koreaboo)

Jakarta - Korea Utara dan Selatan memang bermusuhan, namun bukan berarti hal itu membuat anak-anak dari kedua negara tersebut tidak saling mengenal identitas negara yang saling bermusuhan itu. Korea Selatan bahkan memberikan program edukasi khusus bagi siswa-siswi untuk mengenalkan negara yang dianggap musuh tersebut.

Sebagaimana yang ditulis Koreaboo, salah satu situs populer yakni Reddit pernah menanyakan pada pengguna yang berasal dari negeri ginseng itu bagaimana sekolah mereka memperkenalkan negara tetangga (Korea Utara) pada mereka, pembahasan itu sendiri mendapat perhatian yang besar dari banyak user.

Ternyata banyak user dari Korea yang menjawab bahwa semenjak kecil mereka telah mendapat pelajaran soal warga, sistem pemerintahan dan gaya hidup warga Korea Utara. Mereka diajarkan agar menganggap penduduk Korut sebagai teman atau saudara, dan bahwa pemerintahannya lah yang perlu dimusnahkan.

Mereka diajarkan penyebab kemisikinan yang menimpa penduduk negeri tetangga itu karena kesalahan pemerintahannya.

Jadi bagi siswa berusia muda, akan diajarkan untuk bersimpati pada teman-teman mereka di Utara, bahkan menuliskan surat untuk mereka. Sedangkan siswa yang lebih tua, mereka akan mulai belajar tentang perbedaan sistem pemerintahan Korea Selatan dan Utara.

Pada tahun 1980-1990 terdapat sentimen yang menginginkan agar kedua Korea itu bersatu kembali. Hal itu dikarenakan, saat itu banyak keluarga yang dipisahkan akibat perang tersebut, wacana itu mulai meredup dikarenakan banyak korban yang terpisahkan dan masih memiliki kerabat di Korut telah meninggal.

KEYWORD :

Korea Selatan Korea Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :