Minggu, 12/05/2024 01:14 WIB

Warga AS Inginkan Calon Ketiga dalam Pilpres 2024 yang Tidak Memecah Belah

Warga AS Inginkan Calon Ketiga dalam Pilpres 2024 yang Tidak Memecah Belah

Mantan Presiden AS dan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump saat kampanye pilpres di Summerville, Carolina Selatan, AS 25 September 2023. Foto: Reuters

NEW YORK - Menghadapi kemungkinan pilihan antara Donald Trump dari Partai Republik atau Joe Biden dari Partai Demokrat dalam pemilihan presiden tahun 2024, banyak orang Amerika sangat membutuhkan pilihan yang lebih muda dan tidak terlalu memecah belah.

Besarnya pasar kandidat dari pihak ketiga – yang belum pernah terjadi sejak tahun 1990an – merupakan sebuah pengingat bahwa dalam pemerintahan Trump dan Biden, kedua partai besar tersebut kemungkinan besar akan mencalonkan kandidat yang sangat tidak populer.

Potensi pertarungan ulang mereka pada pemilu tahun 2020 terjadi ketika negara tersebut bergulat dengan kegelisahan ekonomi, kesenjangan politik yang tajam, serangan kontroversial Israel yang didukung AS di Gaza, dan meluasnya seruan untuk membentuk generasi baru kepemimpinan AS.

Sekitar 63% orang dewasa AS saat ini setuju dengan pernyataan bahwa partai-partai Republik dan Demokrat melakukan “pekerjaan yang sangat buruk” dalam mewakili rakyat Amerika sehingga “diperlukan partai besar ketiga,” menurut jajak pendapat terbaru yang dilakukan oleh Gallup. 7 poin persentase dari tahun lalu dan tertinggi sejak Gallup pertama kali mengajukan pertanyaan pada tahun 2003.

Biden dan Trump sama-sama menghadapi penantang utama tetapi diperkirakan akan muncul sebagai kandidat dari partai mereka pada tahun 2024, meskipun ada kekhawatiran mendalam mengenai usia Biden dan serangkaian dakwaan pidana federal dan negara bagian Trump.

Tidak ada kandidat dari pihak ketiga yang memenangkan pemilihan presiden AS modern, meskipun mereka kadang-kadang memainkan peran yang sangat besar sebagai perusak dengan mengambil suara dari kandidat dari partai besar.

Pada tahun 1992, pengusaha miliarder Ross Perot memperoleh 19% suara, sehingga bisa dikatakan bahwa Gedung Putih digantikan oleh Bill Clinton dari Partai Demokrat dibandingkan petahana George H.W. Semak-semak.

Aktivis politik Ralph Nader memperoleh kurang dari 3% dukungan pada tahun 2000 namun mengambil cukup suara dari kandidat Partai Demokrat Al Gore di Florida untuk memberikan kemenangan kepada George W. Bush di negara bagian tersebut, dan juga Gedung Putih.

Kini, jajak pendapat Reuters/Ipsos menunjukkan Robert F. Kennedy Jr., seorang ahli teori konspirasi anti-vaksin dan keturunan dinasti Demokrat yang meluncurkan pencalonan presiden independen pada bulan Oktober, dapat memperoleh 20% suara dalam persaingan tiga arah dengan Biden dan Trump.

Kennedy didukung oleh SuperPac "American Values 2024", yang telah mengumpulkan lebih dari $17 juta untuk pencalonannya dari beberapa donor berkantong tebal, termasuk mantan pendukung Trump.

American Values 2024 pada hari Selasa menjadi tuan rumah sebuah acara yang ditujukan untuk pemilih kulit hitam dan Latin di pusat kota Manhattan yang dihadiri sekitar 40 orang, termasuk beberapa orang yang tidak dapat mengidentifikasi kebijakan inti Kennedy, namun mengatakan bahwa mereka menghargai potensi disruptif yang dimilikinya.

"Kami sudah mencari pemberontak sejak Barack Obama. Kami mengira dia pemberontak, lalu kami mengira Bernie Sanders adalah pemberontak. Lalu kami mengira Trump adalah pemberontak. Sekarang, kami tahu, tentu saja RFK adalah pemberontak, kata Larry Sharpe, mantan calon gubernur New York dari Partai Libertarian, yang menghadiri acara tersebut.

Kedua belah pihak telah menyatakan keprihatinannya mengenai pencalonan Kennedy. Partai Demokrat khawatir nama belakangnya yang terkenal dan kebijakannya yang pro-lingkungan dan anti-perusahaan akan diterima oleh sebagian pemilih mereka. Partai Republik khawatir pembicaraan anti-vaksin dan popularitasnya di platform konservatif dapat menarik dukungan mereka.

Jajak pendapat Reuters/Ipsos dan jajak pendapat lainnya menunjukkan Kennedy mendapat dukungan yang seimbang dari Partai Republik dan Demokrat dalam persaingan tiga arah. Namun, Partai Demokrat tidak menerima begitu saja.

"Pendapat kami secara keseluruhan adalah segala sesuatu yang memecah belah koalisi anti-Trump adalah hal yang buruk. Jadi, opsi apa pun yang Anda tawarkan kepada pemilih yang tidak bisa memilih Trump, selain Joe Biden, adalah masalah," kata Matt Bennett, salah satu pendiri dari kelompok Demokrat kiri-tengah, Third Way.

Tony Lyons, salah satu pendiri American Values 2024 mengatakan kepada Reuters bahwa Kennedy tidak boleh dianggap sebagai ancaman bagi Biden atau Trump saja. "Dia merupakan bahaya bagi sistem dua partai yang korup dan tidak melakukan apa pun untuk membantu orang-orang di ruangan ini," kata Lyons di acara Manhattan.

Juru bicara kampanye Trump Steven Cheung berkata: "Jajak pendapat menunjukkan Presiden Trump benar-benar mengalahkan Joe Biden bahkan dengan adanya kandidat lain, baik secara nasional maupun di negara bagian yang menjadi medan pertempuran."

Tim kampanye Biden menolak berkomentar, meninggalkan kritik pihak ketiga kepada kelompok luar seperti Third Way yang khawatir tawaran pihak luar dapat menyerahkan pemilu kepada Trump.

`ORANG INGIN PILIHAN YANG LEBIH BAIK`
Sementara dana mengalir ke opsi pihak ketiga, Biden dan Trump justru mengumpulkan lebih banyak dana. Presiden dan sekutunya memperoleh $71 juta pada kuartal terakhir dan Trump mengumpulkan $45,5 juta.

No Labels, sebuah kelompok politik pihak ketiga, telah mengumpulkan $60 juta untuk tahun 2024 dan telah memenuhi syarat untuk mengikuti pemungutan suara di 11 negara bagian, termasuk negara bagian Arizona, yang merupakan medan pertempuran. Nevada dan North Carolina - tanpa kandidat.

“Kami telah mencoba untuk mendapatkan dukungan dari para pemilih selama dua tahun terakhir dan hal ini terus berlanjut, yaitu masyarakat menginginkan pilihan yang lebih baik,” kata Ryan Clancy, kepala strategi No Labels, sebuah kelompok bipartisan yang melakukan kampanye pertamanya. pencalonan presiden setelah beberapa tahun memberikan dukungan kepada kelompok moderat di Kongres.

Kelompok ini telah mendekati mantan Gubernur Partai Republik Larry Hogan dari Maryland dan Senator AS Joe Manchin, seorang Demokrat konservatif dari West Virginia yang baru-baru ini mengumumkan bahwa dia tidak akan mencalonkan diri kembali menjadi anggota Senat.

Ketika ditanya apakah dia sedang mempertimbangkan pencalonan dirinya sebagai Gedung Putih, Manchin pada hari Rabu mengatakan kepada NBC News: "Saya akan melakukan apa pun yang saya bisa untuk membantu negara saya."

Clancy mengatakan No Labels merencanakan konvensi pencalonan pada bulan April dan akan memilih calon presiden jika pertarungan ulang Biden-Trump tampaknya tidak dapat dihindari dan jika mereka yakin kandidatnya dapat menang.

Kandidat pihak ketiga lainnya dipandang tidak terlalu menimbulkan ancaman. Cornel West, seorang filsuf dan pemimpin sosial kulit hitam, juga mencalonkan diri sebagai calon independen dan berharap gaya politik progresifnya akan memengaruhi debat tahun 2024.

Jill Stein baru-baru ini mengumumkan bahwa dia akan kembali mencalonkan diri sebagai kandidat Partai Hijau. Baik West maupun Stein diperkirakan akan menerima sedikit suara dan berjuang untuk mendapatkan suara di tingkat negara bagian.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan ProPublica, Biden ditanya tentang pekerjaan mantan rekannya dari Partai Demokrat Joe Lieberman dengan No Labels untuk mengidentifikasi dan mendukung kandidat pihak ketiga yang moderat. Biden mencatat bahwa Lieberman mempunyai hak demokratis untuk melakukan hal tersebut, namun menambahkan: "Sekarang, hal ini akan membantu pihak lain, dan dia tahu (itu)."

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Joe Biden Donald Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :