Senin, 13/05/2024 03:07 WIB

Mendadak Jadi Galeri, Ratusan Karya Seni Mejeng di Kemdikbudristek

Tak kurang dari 290 karya seni visual menghiasi Gedung Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemdikbudristek

Pameran karya seni di Gedung Ditjen Diktiristek, Kemdikbudristek (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Tak kurang dari 290 karya seni visual menghiasi Gedung Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemdikbudristek. Ratusan produk seni ini merupakan karya dosen dan mahasiswa dari sembilan perguruan tinggi seni ternama di Indonesia.

Karya seni visual yang dipamerkan meliputi seni lukis, seni patung, karya rancangan fashion, instalasi, hingga karya seni multimedia. Karya seni ini akan menghiasi gedung Ditjen Diktiristek hingga dua bulan ke depan.

Sekretaris Ditjen Diktiristek Tjitjik Srie Tjahjandarie mengapresiasi inisiasi Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Seni Indonesia (BKS-PTSI), untuk menghadirkan karya-karya luar biasa dari dosen dan mahasiswa perguruan tinggi seni Indonesia.

Dia menyebut kegiatan ini merupakan sebuah unjuk kinerja dari para seniman perguruan tinggi seni kepada seluruh stakeholder dari seluruh wilayah Indonesia, ketika mengunjungi Gedung D Kemdikbudristek.

"Pameran ini sekaligus memperkenalkan nama perguruan tinggi seni, bahwa mereka bukan hanya sebuah perguruan tinggi kecil karena memiliki karya yang tak terhingga besarnya," kata Tjitjik kepada awak media pada Jumat (10/11) lalu.

Tjitjik berharap lewat pameran bertajuk `Rakta Mahardika Rupa` ini akan tercipta kolaborasi dari Ditjen Diktiristek dengan perguruan tinggi seni Indonesia yang semakin kuat guna memajukan seni budaya Indonesia.

"Semoga pameran ini dapat menginspirasi, merangsang pemikiran, dan mengingatkan kita akan pentingnya merdeka, cipta, dan daulat bangsa," ujar dia.

Rektor ISI Denpasar I Wayan Adnyana mengatakan bahwa pameran Rakta Mahardika Rupa merupakan ide yang cemerlang, karena perguruan tinggi seni diberikan ruang untuk unjuk diri dan mengaktualisasi hasil pembelajarannya.

"Ini merupakan perhatian pertama luar biasa terfokus yang kami terima. Ayo, jadikan Gedung D setidak-tidaknya sebagai galeri abadi untuk kita dalam menampilkan karya-karya terbaik kita," kata Kun Adnyana.

Sementara itu, Rektor ISBI Aceh Wildan menyampaikan pihaknya menyambut dengan gembira ajakan untuk berpartisipasi dalam pameran ini. Sebagai perguruan tinggi seni termuda di Sumatera, ISBI Aceh memamerkan 22 karya dari 20 perupa, yang terdiri dari enam orang dosen dan 14 mahasiswa.

KEYWORD :

Karya Seni Visual Ditjen Diktiristek Kemdikbudristek Tjitjik Srie Tjahjandarie




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :