Minggu, 28/04/2024 11:07 WIB

Pengacara Klaim Firli Bahuri Tak Kenal Alex Tirta, MAKI Ungkap Momen Foto Bersama

Foto bareng itu terjadi pada 2019 saat Firli Bahuri menggelar acara syukuran diangkat sebagai Kabaharkam Polri.

Foto yang disebut MAKI menunjukkan Alex Tirta (berkemeja putih) hadir di acara yang digelar Firli (baju adat berwarna hitam). (Foto: dok. MAKI)

Jakarta, Jurnas.com - Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) meragukan pernyataan pengacara Ketua KPK Firli Bahuri, Ian Iskandar yang mengklaim bahwa kliennya tidak mengenal pengusaha tempat hiburan malam, Tirta Juwana Darmadji alias Alex Tirta.

Keraguan ini didasari oleh sebuah foto Firli Bahuri dalam satu momen bersama Alex Tirta yang ditemukan MAKI. Foto bareng itu terjadi pada 2019 saat Firli Bahuri menggelar acara syukuran diangkat sebagai Kabaharkam Polri.

"MAKI menemukan foto di mana itu terjadi pada 2019 ketika pak Firli syukuran ketika diangkat menjadi kabaharkam, setelah jadi Kapolda Sumsel," kata Koordinator MAKI, Boyamin Saiman dalam keterangannya, dikutip Jumat, 3 November 2023.

Dalam foto itu, Firli terlihat menggunakan pakaian adat. Sementara Alex Tirta terlihat mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Mereka terlihat berfoto bersama sejumlah orang.

Firli terlihat berdiri di posisi ketiga dari sebelah kiri. Sementara Alex berada di sisi kedua dari kanan. Ada tiga orang lain di antara posisi Firli dan Alex Tirta.

Boyamin mengatakan bahwa foto bersama tersebut menepis pernyataan pengacara Firli Bahuri yang menyatakan kliennya tidak mengenal Alex Tirta. MAKI pun meminta Polda Metro Jaya mendalami hubungan Alex Tirta dengan Firli Bahuri.

"Jadi ini sekaligus pernyataan lawyernya Pak Firli, Ian Iskandar yang mengatakan bahwa Pak Firli tidak mengenal Alex Tirta, dan ini justru memperkuat hal-hal yang patut didalami. Karena keterangannya law yernya Pak Firli dan Alex Tirta itu banyak yang berbeda, banyak bertentagan begitu," ucap Boyamin.

Diketahui, Polda Metro Jaya memeriksa Alex Tirta dalam kasus dugaan pemerasan eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh pimpinan KPK.

Alex disebut sebagai orang yang menyewa rumah di Jalan Kertanegara Nomor 46, Jakarta Selatan untuk Firli Bahuri. Rumah itu disewa Alex Tirta dari pemilik berinisial E seharga Rp650 juta per tahun.

Penyidik kepolisian pun sudah melakukan penggeledahan di rumah tersebut untuk mencari bukti kasus dugaan pemerasan terhadap SYL. Rumah di Jalan Kertanegara itu ternyata rumah rehat Firli.

Kuasa hukum Firli Bahuri, Ian Iskandar, telah menyatakan kliennya tidak mengenal Alex Tirta. "Ya nggak kenal lah," kata Ian Iskandar kepada wartawan, Selasa (31/10) .

Ian mengatakan penyewaan rumah rehat itu dilakukan anak buah Firli bernama Andreas melalui agen properti. Di mana, Firli disebut tetap melakukan pembayaran sewa rumah tersebut.

KEYWORD :

Ketua KPK Firli Bahuri Syahrul Yasin Limpo Alex Tirta MAKI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :