Minggu, 28/04/2024 07:00 WIB

Advokat Tuntut Trump Didiskualifikasi dari Pilpres AS 2024 di Colorado

Advokat Tuntut Trump Didiskualifikasi dari Pilpres AS 2024 di Colorado

Mantan Presiden AS Donald Trump menghadiri persidangan penipuan perdata Trump Organization, di Manhattan, New York City, AS, 25 Oktober 2023. Foto: Reuters

NEW YORK - Donald Trump harus didiskualifikasi dari pemungutan suara di Colorado pada pemilu tahun depan karena dia "menghasut massa yang melakukan kekerasan" di Washington pada 6 Januari 2021, kata seorang pengacara kelompok advokasi pada pembukaan persidangan pada hari Senin, 30 Oktober 2023.

Gugatan yang diajukan oleh Citizens for Responsibility and Ethics di Washington merupakan sebuah uji kasus apakah ketentuan Konstitusi AS yang jarang digunakan pada era Perang Saudara, yang melarang orang-orang yang terlibat dalam "pemberontakan" untuk memegang jabatan federal, dapat mencegah orang-orang yang terlibat dalam "pemberontakan" untuk memegang jabatan federal. Trump dari Partai Republik tidak lagi menjadi presiden.

“Trump menghasut massa yang melakukan kekerasan untuk menyerang Capitol, untuk menghentikan transisi kekuasaan secara damai,” kata Eric Olson, seorang pengacara yang mewakili pemilih dan kelompok advokasi dalam pernyataan pembuka persidangan satu minggu di hadapan hakim Pengadilan Distrik Colorado.

Presiden saat itu, Trump, menghabiskan waktu berminggu-minggu sebelum kerusuhan 6 Januari untuk menyebarkan klaim palsu tentang penipuan pemilih yang meluas saat ia kalah dalam pemilu November 2020 dari Joe Biden dari Partai Demokrat dan mendorong para pendukungnya untuk berunjuk rasa di Washington. Dia kemudian mendorong mereka untuk melakukan demonstrasi di Gedung Capitol AS, tempat Kongres mengesahkan kemenangan Biden. Baru setelah terjadi kekerasan selama berjam-jam barulah dia meminta para perusuh untuk pulang.

Pengacara Trump, Scott Gesler, membantah bahwa Trump menghasut pendukungnya untuk melakukan kekerasan dan mengatakan akan menjadi preseden berbahaya jika mendiskualifikasi dia berdasarkan "teori hukum yang tidak pernah dianut oleh pengadilan negara bagian atau federal."

“Masyarakat harus bisa mencalonkan diri untuk jabatan dan tidak boleh dihukum karena pidato mereka,” kata Gesler di pengadilan dalam pernyataan pembukaannya.

Colorado dianggap sebagai negara yang aman bagi Partai Demokrat oleh para peramal pemilu yang non-partisan, jadi terlepas dari apakah Trump ikut dalam pemungutan suara atau tidak, Presiden Biden diperkirakan akan memenangkan negara bagian tersebut.

Para penentang Trump sedang menguji apakah mereka mempunyai cara yang layak untuk mencegah Trump dari pemilu di masing-masing negara bagian. Trump menghadapi tuntutan hukum serupa yang diajukan oleh kelompok advokasi di Michigan dan Minnesota. Kasus Colorado adalah kasus pertama yang disidangkan.

Perwakilan AS Eric Swalwell, dari Partai Demokrat California, memberikan kesaksian pada hari Senin bahwa upaya Trump untuk mengurangi ketegangan beberapa jam setelah kekerasan dimulai tidak banyak meredakan ketakutan para anggota parlemen ketika mereka keluar dari lockdown untuk mengesahkan hasil pemilu.

“Saya khawatir jika Partai Republik terus menentang hasil pemilu, massa akan kembali dan suasana di lapangan bisa mudah terbakar,” kata Swalwell.

Menurut jajak pendapat, Trump adalah kandidat terdepan dalam nominasi presiden dari Partai Republik, yang diperkirakan akan menjadi pertandingan ulang tahun depan dengan Biden. Tim kampanye Trump mengatakan bahwa tuntutan hukum yang “tidak masuk akal” dan tuntutan serupa lainnya “melampaui hukum yang tidak bisa dikenali lagi.”

STRATEGI HUKUM JANGKA PANJANG
Lawan-lawan Trump berharap untuk menghalangi Trump meraih kemenangan dengan mendiskualifikasi Trump di negara-negara bagian yang banyak diperebutkan, namun banyak pakar hukum menyebut strategi ini tidak akan berhasil.

Kasus-kasus tersebut sebagian besar menimbulkan pertanyaan hukum yang belum teruji, dan bahkan jika penggugat menang, keputusan akhir kemungkinan besar akan berada di tangan Mahkamah Agung AS yang didominasi oleh mayoritas konservatif 6-3 yang mencakup tiga orang yang ditunjuk oleh Trump.

Gugatan di Colorado bertujuan untuk melarang pejabat tinggi pemilu negara bagian itu memasukkan Trump ke dalam daftar pemilih berdasarkan Pasal 3 Amandemen ke-14 Konstitusi AS, yang ditetapkan setelah Perang Saudara untuk mencegah mantan pemberontak Konfederasi menduduki jabatan federal.

Hakim Pengadilan Distrik Colorado Sarah Wallace telah menolak lima tawaran terpisah dari Trump dan sekutunya untuk membatalkan kasus tersebut, yang terakhir pada tanggal 25 Oktober, ketika dia menolak argumen Trump bahwa pengadilan tidak memiliki kekuasaan untuk menentukan kelayakan untuk menjabat.

Trump menghadapi beberapa kasus hukum saat ia berkampanye untuk menjadi presiden, termasuk gugatan penipuan sipil di negara bagian New York terhadap perusahaan keluarganya. Persidangan tersebut dimulai pada 2 Oktober. Dia telah mengaku tidak bersalah atas empat dakwaan pidana, termasuk kasus federal terkait dengan upaya untuk membatalkan hasil pemilu 2020 dan penghapusan serta kesalahan penanganan dokumen rahasia pemerintah ketika dia meninggalkan jabatannya pada Januari 2021.

KEYWORD :

Donald Trump Konspirasi Batalkan Pemilu Presiden Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :