Sabtu, 04/05/2024 04:49 WIB

Ini Alasan Golkar Dukung Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Gibran dinilai sebagai sosok muda yang mampu mendampingi Prabowo memimpin Indonesia pada 2024. Airlangga mencontohkan salah satu pemimpin muda yang berhasil memimpin sebuah negara, yakni Sutan Sjahrir.

Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto ajari Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka Berkuda. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan alasan partainya mengusulkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping calon presiden (capres) Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Gibran dinilai sebagai sosok muda yang mampu mendampingi Prabowo memimpin Indonesia pada 2024. Airlangga mencontohkan salah satu pemimpin muda yang berhasil memimpin sebuah negara, yakni Sutan Sjahrir.

"Kenapa Partai Golkar berpikir anak muda kita punya sejarah contohnya Sutan Sjahrir menjadi PM pertama sejak Indonesia diproklamirkan Soekarno-Hatta, umur Sutan 36 tahun dan Sutan adalah kepala eksekutif atau kepala pemerintahan. Jadi kalau Sutan Sjahrir bisa, maka saya yakin under 40 tahun anak muda kita juga siap mendampingi Bapak Prabowo," kata Airlangga dalam Rapimnas Partai Golkar di DPP Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10).

Airlangga menyebut Golkar suka pemimpin muda yang usianya di bawah 40 tahun, salah satunya Gibran. Sedangkan untuk Prabowo, masuk ke kategori kedua yang disukai Golkar, yaitu usia 40 plus-plus.

"Kenapa Golkar suka under 40 karena dimulai fourty dimulai dengan angka 4 dan Partai Golkar nomor 4. Bagi Partai Golkar hanya ada dua definisi anggota dan aktivis partai, satu under fourty yang kedua fourty plus-plus. Jadi Pak Prabowo adalah fourty plus-plus," ucapnya.

Sebelumnya, Partai Golkar mengusulkan Gibran sebagai bakal cawapres pendamping capres Prabowo pada Pilpres 2024. Usulan ini diputuskan berdasarkan Rapimnas Partai Golkar.

"Saya tanya dulu, mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bacawapres. Apakah setuju? Pak Prabowo, semua setuju?" kata Airlangga saat membacakah hasil keputusan Rapimnas.

Pertanyaan Airlangga itu lantas dijawab setuju oleh semua peserta Rapimnas. Airlangga juga menanyakan kepada seluruh ketua dewan pimpinan daerah (DPD) Golkar untuk bersedia mendukung bakal cawapres dengan umur di bawah 40 tahun.

"Bismillah, maka saya ketok usulan Partai Golkar yang saya akan serahkan kepada Bapak Prabowo, ini untuk dibawa dalam pertemuan forum ketum partai," kata Airlangga.

 

KEYWORD :

Golkar Airlangga Hartarto Rapimnas Gibran Rakabuming Cawapres Pilpres 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :