Kamis, 02/05/2024 01:40 WIB

Puan Ungkap Alasan Megawati Pilih Ganjar dan Mahfud MD

Puan pun menilai pasangan Ganjar-Mahfud merupakan kombinasi senyawa keindonesiaan. Ia menyebut, Pasangan ini adalah representasi saripati nilai-nilai Pancasila yang mensintesiskan nilai-nilai kebangsaan dan ke-Islaman.

Menko Polhukam Mahfud MD resmi mendampingi Bacapres Ganjar Pranowo sebagai bakal cawapres di Pilpres 2024 mendatang. Mahfud terpilih melalui keputusan dari parpol pengusung Ganjar, PDIP, PPP, Perindo dan Hanura. (Foto: Dok. Ist)

Surabaya, Jurnas.com - Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkap alasan mengapa Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memilih Ganjar Pranowo dan Mahfud MD untuk diusung sebagai capres-cawapres ketimbang ketua umum partai koalisi.

"Begitu pula dengan partai-partai pendukung Ganjar-Mahfud lainnya, dengan berjiwa besar tanpa memaksakan kehendaknya, berlandaskan spirit hikmat kebijaksanaan, hanya untuk kepentingan bangsa dan negara ikut menyetujui pasangan Ganjar-Mahfud," jelas Puan saat memimpin konsolidasi relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD se-Jawa Timur yang digelar di Grand City Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (21/10).

Puan menilai bahwa mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut merupakan salah satu kader terbaik PDIP yang telah mengemban sejumlah jabatan strategis mulai dari anggota legislatif, hingga kepala daerah.

"Ganjar Pranowo adalah salah satu kader terbaik PDI Perjuangan yang kami persembahkan kepada bangsa dan negara karena beliau telah diuji dan ditempa oleh kaderisasi partai oleh Ibu Megawati Soekarnoputri dan PDI Perjuangan," ucap mantan Menko PMK itu.

Sementara untuk Mahfud, PDIP bersama partai koalisi disebut memilihnya bukan karena pertimbangan elektabilitas. Menurut Puan, koalisi memilih Mahfud lantaran kapasitas dan integritasnya selama ini untuk bangsa Indonesia.

"Beliau saya sebut adalah manusia Trias Politica karena semua cabang kekuasaan negara telah beliau geluti dengan sangat baik. Kapasitas, integritas dan kejujuran serta keberaniannya diperlukan bangsa Indonesia saat ini untuk menjadi bangsa yang besar," urai Puan.

Puan pun menilai pasangan Ganjar-Mahfud merupakan kombinasi senyawa keindonesiaan. Ia menyebut, Pasangan ini adalah representasi saripati nilai-nilai Pancasila yang mensintesiskan nilai-nilai kebangsaan dan ke-Islaman.

"Figur Ganjar dan Mahfud disatukan Bu Mega dan ketua umum parpol pendukungnya juga untuk merepresentasikan bersatunya antara golongan kebangsaan dan golongan Islam itu sendiri," terang Puan.

Lebih lanjut, cucu Bung Karno ini menyebut lahirnya pasangan Ganjar-Mahfud sebagai petunjuk untuk bangsa Indonesia. Pasangan Ganjar-Mahfud dinilai serupa seperti peran dwi tunggal Bung Karno dan Bung Hatta saat proklamasi kemerdekaan Indonesia dahulu.

"Pasangan ini juga mewakili aspirasi ratusan juta rakyat Indonesia yang rindu akan nilai-nilai keadilan dan kepastian hukum, kesetaraan, kejujuran dan keberpihakan pada wong cilik," ungkap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Di sisi lain, Puan menyinggung soal pentingnya peran relawan sebagai penggerak kemenangan Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024. Ia pun mengingatkan tentang politik relawan sebagai politik ketulusan, kesukarelaan, dan keikhlasan dalam berjuang.

Puan mengungkap, PDIP sendiri telah membentuk desk relawan bernama Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres 2024 (TKRPP) yang akan berjuang bersama tanpa melihat berbagai perbedaan seperti perbedaan suku, agama dan budaya.

"Alhamdulillah saat ini sudah ada 1300-an lebih organisasi relawan yang mendaftar dan akan terus bertambah. Ini membuktikan antusiasme rakyat untuk mendukung dan memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud sangatlah tinggi," terang Puan.

Kepada relawan, Puan menegaskan bahwa capaian kemenagan pasangan Ganjar-Mahfud bukan hanya tentang kemenanvan partai pendukung maupun kemenangan relawan.

"Pilpres 2024 adalah tentang nasib 270 juta lebih rakyat Indonesia dan tentang masa depan negara Pancasila," sebutnya.

"Kita semua yang ada di sini melebur dalam satu niat yang sama, bergandengan tangan, menyalakan api pergerakan, berjuang bersama dengan satu tujuan Indonesia raya yang berdaulat, adil dan makmur di bawah kepemimpinan dwi tunggal Ganjar-Mahfud," sambung Puan.

Di akhir pidatonya, Puan mengajak seluruh kader-kader partai koalisi, khususnya yang berada di Jawa Timur, untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa Ganjar-Mahfud yang nantinya akan menjadi dwi tunggal pemimpin bangsa Indonesia.

"Saya mau mengatakan bukan kesulitan yang membuat kita takut. Tapi ketakutan yang membuat kita sulit. Jangan pernah ragu. Jangan pernah gentar. Jangan takut dipecah belah. Selama kita semua bersatu, tidak ada kekuatan apapun yang bisa melemahkan kita," serunya.

Kehadiran Puan pada acara konsolidasi relawan ini disambut lebih dari seribu relawan dan pendukung Ganjar-Mahfud. Mereka yang hadir termasuk dari perwakilan relawan Gen Z sampai akademisi. Acara bahkan dimeriahkan dengan pertunjukan stand up comedy.

“Ada 70 organ relawan Ganjar-Mahfud di Jatim. Dari perwakilan relawan, seniman, sampai akademisi,” jelas Said.

 

KEYWORD :

Ketua DPR PDIP Puan Maharani konsolidasi relawan Jatim Pilpres 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :