Minggu, 28/04/2024 07:06 WIB

KPK Umbar OTT, Karya Anak Bangsa Terabaikan

Saat ini masyarakat kerap disuguhi informasi buruk atau negatif ketimbang keberhasilan putra bangsa.

Press Gathering DPR RI di Wonogiri, Jawa Tengah

Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah prihatin dengan cara kerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kerap mengumbar atau mempertontonkan hasil operasi tangkap tangan (OTT). Sementara, karya gemilang anak bangsa terabaikan.

Menurutnya, saat ini masyarakat kerap disuguhi informasi buruk atau negatif ketimbang keberhasilan putra bangsa. Hal itu membuat sisi positif terhadap putra bangsa tersisihkan dan bahkan terabaikan.

"OTT dan Saber Pungli itu mempertontonkan keburukan serta pencitraan negatif dari perilaku anak bangsa, sementara banyak karya gemilang anak bangsa kurang terekspos apalagi difasilitasi pemerintah," kata Fahri, saat membuka Press Gathering Koordinatoriat Wartawan DPR RI di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (8/4).

Padahal, kata Fahri, tugas pemerintah adalah membangun dan mensejahterakan rakyat. Ia mencontohkan, para penerima Kalpataru sebagai pahlawan lingkungan hidup, hanya dirayakan saat didaulat menerima penghargaan.

Padahal, mereka adalah pahlawan-pahlawan dengan dedikasi menyelamatkan masa depan bumi Indonesia. Seharusnya, menurut Fahri, pemerintah memberikan fasilitas kepada para putra bangsa yang telah mendedikasikan hidupnya untuk lingkungan.

"Indonesia butuh orang-orang seperti Mbah Sadiman yang selama 20 tahun mengubah bukit tandus menjadi hutan berair dengan menanam pohon jati di Kabupaten Wonogiri. Sadiman juga menjadi satu dari banyak warga Wonogiri penerima Kalpataru, yang membutuhkan fasilitas negara untuk dikembangkan dan ditularkan ke daerah lain," katanya.

Diketahui, Mbah Sadiman yang berusia 65 tahun menerima Kalpataru pada 2016 untuk kategori Perintis Lingkungan dari Presiden Jokowi di Siak, Sumatera Selatan. Mbah Sadiman sukses mengatasi kekeringan di Wonogiri.

KEYWORD :

Mbah Sadiman Pahlawan Lingkungan Wonogiri Solo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :