Minggu, 28/04/2024 22:10 WIB

Andi Nurpati Dianggap Figur Panutan Asal Sulsel

Dia meraih sarjananya di Fakultas Tarbiyah Jurusan Bahasa Inggris di IAIN, Makassar  pada tahun 1992.

Mantan Anggota KPU, Andi Nurpati

Jakarta -  Sosok  seorang perempuan asal Sulawesi Selatan yang memunyai dedikasi di kancah nasional, masih sangat minim. Dan jika ada figur yang memang layak untuk menjadi panutan, maka sepantasnya juga diberikan kesempatan untuk membangun daerahnya.

“Saya melihat sosok Andi Nurpati memunyai kapasitas menjadi figur perempuan Sulawesi Selatan. Dia orang yang terbentuk karakter dan karirnya  dari bawah. Dan terus merambah hingga berada di kancah nasional, “ ujar M Abduh Bakry Pabe, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Sulawesi Selatan.

Menurut Abduh lagi, selama ini figur perempuan Sulsel memang belum menonjol di era reformasi. Dulu di era kekuasaan Presiden Soeharto, pernah ada nama sosok Marwah Daud. “ Tapi itu dulu. Ada juga figur lainnya yang menjadi politisi dan pengusaha, tapi kurang menonjol dibandingkan Andi Nurpati,” ujarnya.

Apalagi, kata Abduh, Andi Nurpati memulai karirnya tidak serta merta mendadak menjadi figur  perempuan kancah nasional. Tapi lanjutnya, menapak dari seorang yang berkecipung pada dunia pendidikan. “Dari yang hanya sekedar dosen biasa, hingga menjadi dosen luar biasa,” ujarnya.
 
Perlu diketahui, Andi Nurpati kelahiran Macero, Wajo, Sulawesi Selatan, 2 Juli 1966. Adalah sosok yang antusias pada dunia kependidikan  mengawali karir akademiknya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas  Muhammadiyah Lampung, IAIN Raden Inten Bandar Lampung sebagai dosen luar biasa.

Dia meraih sarjananya di Fakultas Tarbiyah Jurusan Bahasa Inggris di IAIN, Makassar  pada tahun 1992. Dan kemudian program S-2 di Master Master Teacher Programme Deakin University Melbourne, Australia pada tahun 2000 hingga kemudian meraih gelar M.Pd dari FKIP Universitas Lampung di Bidang Teknologi Pendidikan (2006). Andi Nurpati tercatat pernah menjadi anggota Ikatan Pelajar Muhammmadiyah, hingga menjabat Ketua DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Kemudian Nurpati, kata Abduh, masuk ke kancah nasional menjadi komisioner KPU di Jakarta dan juga merambah ke partai politik. “Mungkin saja, banyak orang Sulsel yang tidak mengenal secara gamblang tentang Nurpati. Tapi semua orang Sulsel pasti tahu bahwa Andi Nurpati adalah sosok perempuan yang dilahirkan di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

“Apabila dia (Nurpati) ingin kembali membangun Sulsel, maka dia harus hadir sebagai sosok perempuan yang sudah tangguh karena gemblengan dari kerasnya mengawal demokrasi Indonesia selama berada di KPU,” ujar Abduh.

KEYWORD :

Andi Nurpati Abduh Bakry Muhammadiyah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :