Kamis, 25/04/2024 13:58 WIB

Yandri Susanto : Kemajuan Islam Harus Ditopang Ormas yang Kuat

Yandri Susanto : Kemajuan Islam Harus Ditopang Ormas yang Kuat

Wakil Ketua MPR, Yandri Susanto. (Foto: Humas MPR)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua MPR H. Yandri Susanto, menyebutkan kemajuan Islam harus ditopang dengan Ormas-Ormas (organisasi kemasyarakatan) keislaman yang kuat. Jika Ormas tidak punya pengaruh dan tidak dirasakan kemanfaatannya, maka lambat laun Ormas itu ditinggalkan oleh masyarakat atau umat.

"Ormas Muhammadiyah yang didirikan K.H. Ahmad Dahlan tahun 1912, telah memberikan ghirah perjuangan untuk kita. Ghirah yang tidak akan pudar. Maka kita sebagai penerus perlu melanjutkan ghirah itu dengan rencana dan program yang membumi," kata Yandri Susanto saat menjadi narasumber dalam dalam Musyawarah Daerah IV Muhammadiyah dan Aisyiyah Kota Cilegon Tahun 2023, di Cilegon, Sabtu (27/5/2023).

Pembukaan Musyda dengan tema "Dakwah Menggembirakan, Mewujudkan Cilegon Berkemajuan" dihadiri tokoh Muhammadiyah Banten K.H. Hassan Alaydrus, Walikota Cilegon H. Heldy Agustian, Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Provinsi Banten Prof. H. Zakaria Syafi`i, Ketua Pengurus Wilayah Aisyiyah Provinsi Banten Dr. Hj. Ima Nikmah, Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota Cilegon H. Arie Purnomo, Ketua Pengurus Daerah Aisyiyah Kota Cilegon Hj. Olla Holayah. Turut hadir perwakilan Ormas LDII, Al Khairiyah, serta beberapa anggota DPRD.

Wakil Ketua MPR dari Fraksi PAN ini mengungkapkan "pekerjaan rumah" saat ini, termasuk "PR" Muhammadiyah, adalah mengentaskan kemiskinan dan kebodohan. "Kalau kita mau bergerak, kemiskinan dan kebodohan bisa dientaskan. Karena pengentasan kemiskinan dan kebodohan dimulai dengan pergerakan Ormas yang memayungi masyarakat," ujarnya.

Dalam mengentaskan kemiskinan dan kebodohan, lanjut Yandri, Ormas Muhammadiyah tidak perlu diragukan lagi karena amal usahanya adalah pendidikan dan kesehatan. Muhammadiyah sudah mendirikan banyak sekolah dan perguruan tinggi yang berkualitas. Muhammadiyah juga banyak mendirikan rumah sakit. "Karena itu Muhammadiyah sumbangsihnya sangat luar biasa bagi republik ini," imbuhnya.

KEYWORD :

Kinerja MPR Yandri Susanto Muhammadiyah Ormas Ahmad Dahlan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :