Minggu, 19/05/2024 20:49 WIB

BEI Pantau Pergerakan Tiga Saham Ini

Saham BREN menunjukkan gerak saham yang naik secara signifikan dalam sepekan terakhir, melesat 126,40%

Ilustrasi Saham

Jakarta, Jurnas.com - Otoritas Pasar Modal Indonesia, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) umumkan adanya peningkatan harga atau Unusual Market Activity (UMA) pada saham milik tiga emiten.

Dalam rangka perlindungan investor, BEI memasukkan saham PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN), PT Royal Prima Tbk (PRIM) dan PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR) dalam radar UMA.

"Pengumuman Unusual Market Activity (UMA) tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal," tulis surat yang ditandatangani Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Yulianto Aji Sadono dan Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan Pande Made Kusuma Ari A., Rabu (18/10/2023).

Untuk saham BREN, perusahaan holding yang berbasis di Indonesia, dan merupakan bagian dari Grup Barito Pacific ini menunjukkan gerak saham yang naik secara signifikan dalam sepekan terakhir, melesat 126,40%. Adapun, pada penutupan perdagangan kemarin, Selasa (17/10), saham BREN naik 24,73% di level 3.430.

Informasi terakhir mengenai BREN adalah informasi tanggal 17 Oktober 2023 yang dipublikasikan melalui website BEI tentang laporan informasi atau fakta material penyampaian informasi terkini terkait kegiatan operasional anak usaha PT Barito Renewables Energy Tbk.

Selanjutnya saham PRIM, emiten yang bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan ini juga mengalami peningkatan harga saham yang signifikan. Pada penutupan perdagangan kemarin, saham PRIM menguat 7,02% ke level 122.

Kemudian informasi terakhir mengenai PRIM adalah informasi tanggal 9 Oktober 2023 yang dipublikasikan melalui website BEI tentang penjelasan atas permintaan penjelasan bursa.

Terakhir untuk saham PCAR, emiten industri produk perikanan, khususnya kepiting ini juga terpantau menguat signifikan. Saham PCAR juga pada perdagangan kemarin ditutup naik 18,29% di level 97.

Informasi terakhir mengenai PCAR adalah informasi tanggal 10 Oktober 2023 yang dipublikasikan melalui website BEI tentang laporan bulanan registrasi pemegang efek.

"Sehubungan dengan terjadinya Unusual Market Activity atas saham BREN, PRIM dan PCAR tersebut, perlu kami sampaikan bahwa Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini," tulis direksi bursa.

Oleh karena itu para investor diharapkan untuk memperhatikan jawaban Perusahaan Tercatat atas permintaan konfirmasi Bursa, mencermati kinerja Perusahaan Tercatat dan keterbukaan informasinya, mengkaji kembali rencana corporate action Perusahaan Tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

KEYWORD :

BEI UMA Saham




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :