Kamis, 16/05/2024 11:18 WIB

Airlangga Pastikan Golkar Tetap Mantap Dukung Prabowo

Pernyataan ini dilontarkan Airlangga menanggapi isu Partai Golkar masih membuka kemungkinan berpindah haluan politik beberapa pekan terakhir sebelum pendaftaran capres-cawapres ditutup KPU RI pada 25 Oktober 2023.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menerima kunjungan Menhan Prabowo Subianto. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan partainya sudah mantap bergabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM). Partai Golkar konsisten mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

"Golkar sudah `firmed` (mantap) di KIM," kata Airlangga kepada wartawan, Kamis (12/10).

Pernyataan ini dilontarkan Airlangga menanggapi isu Partai Golkar masih membuka kemungkinan berpindah haluan politik beberapa pekan terakhir sebelum pendaftaran capres-cawapres ditutup KPU RI pada 25 Oktober 2023.

Airlangga bahkan menekankan Golkar tetap berada di KIM untuk mendukung Prabowo sebagai capres jika dirinya tak terpilih sebagai calon wakil presiden (cawapres).

"Golkar `firmed`. Semuanya kita rembukan," terangnya.

Airlangga mengamini jika kandidat cawapres pendamping Prabowo telah mengerucut keempat nama, yakni dirinya, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka.

Khusus pencalonan Gibran, KIM menanti soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan batas usia minimum capres-cawapres yang akan dibacakan pada Senin, 16 Oktober 2023.

Menurutnya, para ketua parpol yang tergabung di dalam KIM segera bertemu pada Jumat, 13 Oktober 2023 guna membahas hal tersebut.

Sebelumnya, nama Wali Kota Solo, Jawa Tengah Gibran Rakabuming Raka menguat dalam bursa bacawapres pendamping Prabowo. Jika gugatan di MK dikabulkan, maka Gibran dapat melaju ke Pilpres 2024 pada usia 36 tahun.

Gibran sendiri mengakui bahwa Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berkali-kali memintanya untuk mendampingi sebagai bakal calon wakil presiden di Pilpres 2024.

"Semua orang kan sudah tahu beliau sudah minta berkali-kali dan sudah saya laporkan ke pimpinan (PDIP). Ke Pak Sekjen, ke Mbak Puan, dan lain-lain," kata Gibran.

Ia mengakui usia menjadi kendala maju sebagai bakal cawapres di Pilpres 2024.

"Jawabannya umur tidak cukup," katanya.

 

 

KEYWORD :

Ketum Golkar Airlangga Hartarto Pilpres 2024 Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :