Rabu, 01/05/2024 20:55 WIB

Serius, Palangka Raya Berbenah untuk Pemindahan Ibu Kota

Sekitar 500 ribu hektare lahan yang kita siapkan dan meliputi tiga daerah, yakni Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas.

Ilustrasi

Jakarta - Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah memang sudah lama diwacanakan. Namun kali ini lebih matang karena Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran telah menyiapkan lahan sekitar 500.000 hektare untuk lokasi perpindahan ibu kota.

"Kajiannya sudah matang dan lokasinya juga sudah kami identifikasi. Sekitar 500 ribu hektare lahan yang kita siapkan dan meliputi tiga daerah, yakni Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas,” kata Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran seperti dikutip JPNN.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginstruksikan sejumlah kementerian dan lembaga terkait untuk mematangkan rencana pemindahan ibu kota negara, dari Jakarta ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro juga sudah memetakan rencana tersebut.

"Pak Presiden sangat serius soal ini, dan sudah menugaskan beberapa kementerian dan lembaga terkait, termasuk Bappenaas, untuk melakukan persiapan terkait rencana itu,” kata Bambang.

KEYWORD :

Palangka Raya Indonesia Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :