Minggu, 28/04/2024 21:05 WIB

Ternyata, PM Kanada yang Tampan Itu "Keturunan" Indonesia

Di balik karier moncer sang perdana menteri, tahukah kamu bahwa Justin Trudeau memiliki darah Indonesia?

Justin Trudeau (foto: Notey)

Jakarta – Ketika mendengar kata ‘Justin’ siapakah yang terbayang di benak kamu? Justin Bieber atau Justin Timberlake? Ya, keduanya merupakan artis tampan yang mencuri mata pemirsa lewat alunan lagu-lagunya.

Selain Bieber dan Timberlake, masih ada satu Justin yang bisa membuat mata kamu terkesima. Ya, Justin Trudeau yang saat ini menjabat sebagai Perdana Menteri Kanada ke-23 sejak dilantik pada 4 November 2015. Dengan parasnya yang tampan, pria kelahiran Ottawa 25 Desember 1971 tersebut tidak hanya menyihir kaum hawa di negaranya, melainkan mewabah hingga di media sosial.

Sebagai orang nomor satu di Kanada, Trudeau memulai karier politiknya saat menjadi anggota parlemen pada 14 Oktober 2008. Selang sembilan tahun kemudian, Trudeau sukses duduk sebagai perdana menteri setelah memenangi suara mayoritas Negara Pecahan Es tersebut, di usia yang baru menginjak 43 tahun.

Namun, di balik karier moncer sang perdana menteri, tahukah kamu bahwa Justin Trudeau memiliki darah Indonesia?

Ayahnya, Pierre Trudeau atau Joseph Philippe Pierre Yves Elliot Trudeau pernah menjabat sebagai perdana menteri Kanada pada 1968 hingga 1979. Sebelas tahun lamanya. Sang ayah kemudian menjabat lagi selama empat tahun pada 1980 hingga 1984.

Jika ayah Trudeau bertindak sebagai politikus ulung, berbeda halnya dengan ibunya, Margaret Joan (Sinclair). Margaret lebih menekuni dunianya sebagai seorang penulis, aktris, fotografer, hingga presenter televisi.

Dari garis nasab ibunya, nenek Trudeau, Doris Kathleen Bernard merupakan putri dari pasangan Thomas Kikrpatrick Bernard dan Rose Edith Ivens. Thomas Kirkpatrick diketahui lahir di Makassar, Indonesia pada 1891, sebelum akhirnya pindah ke Kanada pada 1906. Sedangkan ayah Thomas (ayah buyut Trudeau) adalah pria kelahiran Singapura yang menikah dengan Annie Oliphant Cornelia Purvis yang lahir di Jakarta.

Dengan demikian, Justin Trudeau menjadi satu-satunya sekaligus kali pertama dalam sejarah Kanada seorang perdana menteri dijabat oleh orang keturunan non-Eropa.

KEYWORD :

Justin Trudeau Kanada




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :