Kamis, 09/05/2024 09:21 WIB

4 Vitamin yang direkomendasikan untuk Penderita Asam Lambung

Selain konsumsi obat dan perubahan pola makan, ada beberapa pilihan vitamin untuk penderita asam lambung. 

Salah satu vitamin untuk asam lambung ( Foto : Hallosehat )

Jakarta, Jurnas.com - Penyakit asam lambung atau gerd terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat memicu gejala berupa sensasi terbakar di dada, mulut terasa pahit, dan sulit menelan.

Umumnya, pengobatan penyakit asam lambung berupa obat antasida. Selain konsumsi obat, vitamin untuk penderita asam lambung juga dianggap baik dalam meredakan dan mencegah gejala gerd.

Berikut beberapa vitamin untuk penderita asam lambung, di antaranya:

Vitamin B

Vitamin ini bisa Anda peroleh melalui konsumsi suplemen maupun beragam makanan yang mengandung vitamin B, seperti telur, daging, yoghurt, dan bayam.

Konsumsi vitamin B secara rutin baik untuk mengurangi risiko terjadinya esofagitis yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan. Selain itu, vitamin B juga dapat mengurangi risiko terkena kanker kerongkongan.

Vitamin C

Anda dapat mengonsumsi berbagai sayur dan buah yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, tomat, stroberi, bayam, dan kentang.

Vitamin A

Karena memiliki sifat antiradang, vitamin A mampu mengurangi gejala asam lambung dan menghindari naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

Anda dapat mengonsumsi bayam, wortel, ubi, mangga, dan pepaya sebagai sumber vitamin A.

Sementara untuk konsumsi suplemen berkandungan vitamin A, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter lebih dulu, terutama bila sedang hamil.

Vitamin E

Sumber vitamin E yang dapat Anda konsumsi meliputi bayam, minyak zaitun, alpukat, dan berbagai jenis kacang-kacangan.

KEYWORD :

Vitamin Asam Lambung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :