Kamis, 09/05/2024 04:33 WIB

Kepala BKKBN: Masih Banyak Ibu Hamil Belum Sadar Pentingnya Asupan Vitamin D

Hasto menyatakan, kurangnya asupan vitamin D itu disebabkan karena rendahnya kesadaran para ibu hamil untuk memeriksa kadar vitamin D mereka di dalam tubuh.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo menghadiri Musyawarah Daerah Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Provinsi Jawa Tengah di Hotel Quest Jalan Plampitan Semarang, Jumat (18/2).

JAKARTA, Jurnas.com - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), Hasto Wardoyo mengatakan, masih bayak ibu hamil di Indonesia yang belum menyadari pentingnya asupan vitamin D.

"(Kita) di negara tropis, tapi mayoritas kekurangan vitamin D. Sebab jarang berjemur secara langsung. Meskipun terkena matahari, tapi tertutup hijab, atau helm, atau topi," ujar Hasto.

Hal tersebut disampaikan Hasto dalam Peluncuran Buku Menu Bergizi Dashat Nusantara (Bagi Ibu Hamil, Ibu Menyusui, dan Anak Baduta) di 13 provinsi, yang digelar di BKKBN, Jakarta, Senin (7/8).

Hasto menuturkan, vitamin D sangat penting untuk plesentasi, menempelnya plasenta ke dalam rahim yang dapat menyuplai nutrisi berjalan dengan baik kepada bayi, sehingga tumbuh dengan baik.

"Vitamin D diperlukan untuk plasentasi. Artinya bayi itu punya akar dan akarnya itu nancap dalam rahim. Tapi, akar-akarnya yang di rahim itu sering tidak sukses karena plasentanya tipis. Plasenta tipis itu salah satu sebabnya kerena ibunya kekurangan vitamin D dan ibunya juga sering anemia," tutur Hasto.

Hasto menyatakan, kurangnya asupan vitamin D itu disebabkan karena rendahnya kesadaran para ibu hamil untuk memeriksa kadar vitamin D mereka di dalam tubuh.

"Kita tahu bahwa vitamin D itu untuk ibu hamil, tapi jarang sekali orang menyiapkan diri untuk meriksa vitamin D untuk ibu hamil.Harusnya sebelum hamil mengonsusmsi vitamin D itu. Periksa HB, periksa kadar vitamin D," imbuh dia.

Untuk diketahui, bagi ibu hamil, vitamin D berguna menunjang pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan. Artinya, kekurangan vitamin D dapat memberikan dampak negatif pada tulang, sehingga nantinya tidak tumbuh secara maksimal.

KEYWORD :

Vitamin D BKKBN Hasto Wardoyo Ibu Hamil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :