Minggu, 19/05/2024 19:27 WIB

Diimingi Pencairan Dana Miliaran, Uni Eropa Bujuk Hongaria Dukung Ukraina

Diimingi Pencairan Dana Miliaran, Uni Eropa Bujuk Hongaria Dukung Ukraina

Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban. (File: Johanna Geron/Reuters])

BRUSSELS - Uni Eropa sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan miliaran euro untuk Hongaria yang dibekukan karena masalah supremasi hukum, seiring upaya mereka untuk mendapatkan persetujuan Budapest untuk bantuan ke Ukraina termasuk dimulainya perundingan keanggotaan untuk Kyiv, menurut pejabat senior.

Hongaria membina hubungan yang lebih dekat dengan Rusia dibandingkan dengan negara-negara Uni Eropa lainnya, dan dipandang sebagai calon penentang utama keputusan yang akan diambil pada bulan Desember mengenai apakah akan membuka perundingan aksesi dengan Kyiv, yang memerlukan dukungan bulat dari 27 anggota serikat tersebut.

Yang juga dipertaruhkan adalah upaya Komisi Eksekutif UE agar negara-negara anggota berkontribusi lebih banyak pada kas bersama blok tersebut, guna membantu mendanai lebih banyak bantuan ke Ukraina. Keputusan itu juga diperkirakan akan diambil pada akhir tahun ini dan membutuhkan suara bulat.

Seorang pejabat senior UE mengatakan kepada Reuters bahwa untuk mempengaruhi suara Hongaria, blok tersebut memperkirakan akan melihat status bantuan UE senilai miliaran euro yang kini dibekukan karena kekhawatiran bahwa Perdana Menteri Viktor Orban telah membatasi independensi pengadilan.

“Saya tidak dapat membayangkan Hongaria menyetujuinya tanpa adanya solusi terlebih dahulu terhadap dana yang diblokir tersebut,” kata pejabat tersebut.

Pejabat UE yang kedua mengkonfirmasi adanya hubungan antara pencairan dana ke Hongaria dan rencana UE yang memerlukan kebulatan suara, termasuk perluasan dan pembicaraan anggaran.

Namun, sejumlah sumber menekankan bahwa kesepakatan tersebut tidak bisa dipastikan dan banyak hal juga bergantung pada Orban, yang dihadapkan pada stagnasi ekonomi dan defisit anggaran yang semakin besar di dalam negeri.

“Hongaria sangat membutuhkan dana, yang merupakan insentif bagi reformasi. Komisi memerlukan Hongaria untuk mencabut hak vetonya pada sejumlah isu sebagai imbalannya,” kata seorang diplomat Uni Eropa.

“Tetapi menurut saya Komisi tidak akan atau bisa bergerak tanpa adanya gerakan reformasi dari Budapest.”

TARUHAN TINGGI
Para pejabat UE mengatakan kepada Reuters bahwa undang-undang yang disahkan Hongaria musim panas ini untuk meningkatkan independensi peradilan telah membawa kesepakatan lebih dekat untuk mencairkan sebagian bantuan pembangunan ekonomi senilai 22 miliar euro. Pekan lalu, Komisi menulis surat ke Budapest untuk meminta rincian lebih lanjut mengenai implementasinya.

Berbicara di Budapest pada hari Selasa, Menteri Urusan UE Hongaria mengatakan ia mengharapkan kesepakatan dengan UE mengenai pembekuan dana "pada akhir tahun ini".

Dalam upaya mencapai kesepakatan dengan Hongaria, UE menghadapi ketegangan antara dua tujuan utamanya – mempertahankan standar demokrasi di negara-negara anggotanya dan mendukung Ukraina ketika Kyiv berupaya mengusir invasi Rusia dan berintegrasi ke Barat.

Bagi Ukraina, yang mengajukan permohonan untuk bergabung dengan UE hanya beberapa hari setelah invasi Rusia pada Februari tahun lalu, dukungan dari Barat sangatlah penting dan keanggotaan UE adalah salah satu tujuan nasional yang paling utama.

Sebelum para pemimpin UE melakukan pemungutan suara pada bulan Desember, Komisi akan menyampaikan penilaian dalam beberapa minggu mendatang mengenai kemajuan Ukraina dalam memenuhi persyaratan untuk memulai perundingan.

Orban mengatakan bahwa "pertanyaan-pertanyaan yang sangat sulit" perlu dijawab sebelum UE memulai perundingan keanggotaan dengan Ukraina, sebuah proses yang akan memakan waktu bertahun-tahun sebelum Kyiv bergabung, jika memang ada. Berbicara di depan parlemen Hongaria pekan lalu, ia menarik garis batas antara mendukung Ukraina dan membuka dana Uni Eropa.

“Brussels… mengharapkan kita menyetujui amandemen anggaran Uni Eropa yang membutuhkan suara bulat,” katanya. "Mereka meminta kami... untuk memberikan lebih banyak uang kepada Ukraina."

“Brussel harus memberi kita uang yang menjadi hak rakyat Hongaria, dan keadaan keuangan publik akan terlihat lebih cerah… Jumlah utang kita akan – dan, saya yakin, akan – memuluskan keseimbangan anggaran,” dia berkata.

KEYWORD :

Bantuan Ukraina Uni Eropa Bujuk Hongaria




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :