Kamis, 16/05/2024 11:17 WIB

Inilah Minuman yang Baik Dikonsumsi Saat Haid

Secangkir minuman seperti teh jahe dan lemon yang hangat bisa menghilangkan rasa kembung, perih, dan mual bahkan nyeri haid.

Minuman untuk haid ( Foto : Kompas )

Jakarta, Jurnas.com - Salah satu cara meredakan gejala haid seperti kram atau nyeri dengan mengonsumsi minuman sehat tertentu. 

Berikut ini minuman yang baik dikonsumsi saat haid:

Air putih

Air putih adalah pemenang di antara minuman apa pun yang harus Anda konsumsi saat haid. Ini mengutip Mind Body Green, karena itu juga membantu menghidrasi, membantu detoksifikasi, dan pemurnian yang semuanya dapat melakukan keajaiban dalam hal menyeimbangkan hormon Anda.

Targetkan delapan gelas sehari untuk membantu mengatasi kembung, kelelahan, dan dehidrasi.

Smoothie hijau

Buat smoothie dengan sayuran hijau dan beri untuk mendapatkan minuman yang mengandung antioksidan tinggi. Kandungan vitamin A dan C khusus yang ditemukan dalam makanan ini bisa mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Jus wortel

Bagi yang ingin memilih jalur jus dibanding smoothie, ahli kesehatan merekomendasikan jus wortel untuk alasan yang sama.

Teh Herbal

Sejumlah herbal yang membantu pencernaan, seperti peppermint dan jah dapat membantu melawan gas dan kembung yang terjadi saat haid.

Termasuk yakni teh chamomile adalah pilihan lain yang sangat baik karena dapat meredakan kram dan membantu mengatasi gangguan tidur.

Coklat panas homemade

Cokelat hitam dengan 70 persen kakao atau lebih tinggi mengandung magnesium, zat besi, potasium, dan antioksidan dalam jumlah signifikan yang membantu mengatur aliran darah, fluktuasi hormonal, dan manajemen nyeri.

Namun, produk cokelat panas supermarket bukanlah ide yang baik.

Sebagai gantinya, dapatkan cokelat hitam leleh atau bubuk kakao murni, dan tambahkan sedikit vanila, sedikit garam, madu, dan susu untuk membuat cokelat panas yang nyaman.

Teh Jahe dan lemon

Lemon segar sangat bagus untuk meredakan sakit perut yang sering datang bersamaan dengan menstruasi Anda, dan cocok dipadukan dengan jahe baik dari segi rasa maupun nutrisi untuk menopang rahim.

Campurkan jahe parut segar dan perasan lemon dengan air panas untuk hasil terbaik. Tambahkan pemanis alami seperti madu jika Anda mau.

KEYWORD :

Haid minuman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :