Sabtu, 18/05/2024 08:20 WIB

Catat Ladies, Makanan Sehat Ini yang Aman Dikonsumsi Selama Haid

Bagi kaum hawa tak perlu khawatir mengonsumsi makanan selama menstruasi, Ini pilihan makanan yang sehat 

Ilustrasi wanita sedang alami menstruasi atau haid. (SIN Kalbar)

Jakarta, Jurnas.com - Menstruasi atau haid merupakan tamu wanita yang datang setiap bulan. Saat haid, seorang wanita biasanya mengalami nyeri, kelelahan, kembung bahkan kram.

Karena itu, sangat penting untuk mengikuti gaya hidup sehat untuk mengurangi nyeri haid karena bisa berdampak buruk pada suasana hati dan membawa perubahan lain. Termasuk, dengan cara menjaga nutrisi yang baik saat makan utamanya untuk memperlancar menstruasi dan lebih mudah.

Ada makanan tertentu yang bisa memicu nyeri haid berlebihan. Sebaliknya, makanan lain akan membebaskan Anda dari rasa sakit dan kelelahan. Redaksi mengutip sejumlah bahan makanan dari berbagai sumber untuk menghilangkan nyeri haid. Berikut rinciannya:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan makanan sumber zat besi paling kuat yang diperlukan selama menstruasi. Zat besi dapat ditemukan pada sayuran seperti bayam, kembang kol, dan kol.

2. Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt diperkaya akan probiotik yang menjaga kesehatan daerah kewanitaan Anda dalam kondisi yang baik dan memastikan hari-hari menstruasi yang lancar. Namun, dapat mengonsumsi yoghurt hanya jika tidak memicu masalah kesehatan usus, sehingga sangat cocok untuk Anda.

3. Buah-buahan

Buah-buahan musiman dan buah-buahan yang memiliki kandungan air yang lebih tinggi sangat efektif guna mengurangi rasa sakit saat. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan sebagai camilan sore atau tengah pagi.

Kemudian, mengonsumsi buah-buahan lebih sehat daripada jus buah karena Anda bisa memperoleh manfaat serat yang maksimal. Selain itu, buah-buahan seperti semangka, dan mentimun merupakan makanan yang menghidrasi tubuh agar tetap terhidrasi.

4. Kacang

Kacang merupakan sumber omega-3, magnesium, potasium, zat besi, dan protein yang sangat baik. Kacang-kacangan yang diperkaya nutrisi ini diantaranya biji rami, almond, dan kenari membantu tidur nyenyak.

Adapun kehadiran magnesium dalam makanan ini sangat penting, lantaran magnesium adalah mineral penenang yang dapat menenangkan sistem saraf. Bahkan, ini juga bagus untuk meredakan kram dan nyeri haid.

5. Teh herbal

Menggabungkan teh herbal seperti teh raspberry, teh peppermint, atau berbagai teh fusion yang membantu meredakan sindrom pramenstruasi (PMS) dan meredakan nyeri haid.

KEYWORD :

Kesehatan perempuan haid menstruasi makanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :