Jum'at, 03/05/2024 13:57 WIB

Komisi V Dorong Kemenhub Perbaiki Fasilitas Pendukung di Pelabuhan Trisakti

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal menegaskan masih banyaknya Fasilitas Penunjang yang ada di Pelabuhan Trisakti ini kurang mendukung untuk operasional dan pelayanan di Pelabuhan.

Wakil Ketua Komisi V DPR, Muhammad Iqbal

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal menegaskan masih banyaknya Fasilitas Penunjang yang ada di Pelabuhan Trisakti ini kurang mendukung untuk operasional dan pelayanan di Pelabuhan.

“Memang ada beberapa beberapa kendala yang kami kira itu harus segera diatasi, terutama dari Kementrian Perhubungan mengenai sarana dan prasarana peralatan seperti cctv dan radar itu tidak berfungsi , tentu nanti akan kita bicarakan di Komisi V dengan Pak Menteri agar kendala yang terjadi saat ini bisa segera teratasi,” ungkap Politisi Fraksi PPP tersebut seusai melakukan Kunjungan Kerja Spesifik di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Iqbal juga menjelaskan tentang banyaknya pelayanan yang ada di Pelabuhan Trisakti ini untuk pulau disekitar Kalimantan terutama dalam pengangkutan Peti Kemas dan Barang.

Pelabuhan Trisakti ini kan salah satu pelabuhan yang besar di Kalimantan Selatan dan tadi paparan yang  disampaikan  dari Pelindo bahwa Pelabuhan ini juga memberikan pelayanan kepada Pelabuhan-Pelabuhan  lain di sekitar pulau Kalimantan jadi kita berharap ke depannya agar sarana yang ada di pelabuhan itu bisa lebih ditingkatkan lagi, terutama untuk pengangkutan peti kemas dan barang,“ terang Iqbal saat diwawancarai Parlementaria.

Anggota Komisi V DPR RI Tamanuri menambahkan walaupun secara operasional Pelabuhan Trisakti ada peningkatan tetapi apabila sistem monitoring tidak maksimal  menjadikan pelaksanaanya kadang ada keterbenturan.

"Walaupun ada peningkatan dipelabuhan ini tapi kendala perangkat-perangkat yang ada sudah tua maka sistem monitoring terhadap muatan-muatan Kapal ini tidak secara maksimal dapat dilaksanakan. Kalau katanya tadi menggunakan dengan sistem yang baru, maka kerugian sekarang 30% itu kita bisa hapus dengan keuntungan maksimal 90%,” tutupnya.

KEYWORD :

Komisi V DPR Kemenhub Fasilitas Pelabuhan Pelabuhan Trisakti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :