Sabtu, 04/05/2024 02:08 WIB

Manfaat Ikan Lele bagi Bumil

Ikan lele adalah salah satu makanan yang sangat baik saat hamil. Maka dari itu, perlu tahu manfaat lengkapnya dari konsumsi makanan sehat ini

Manfaat lele bagi bumil ( Foto : asianparent )

Jakarta, Jurnas.com - Ikan lele merupakan salah satu makanan yang terbilang mudah ditemukan. Dan harganya yang murah di kantong, sehingga bisa didapatkan oleh hampir semua kalangan ekonomi.

Namun, banyak yang belum tahu kalau ikan lele ternyata juga bermanfaat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Sumber Vitamin

Ikan lele mengandung banyak vitamin, termasuk vitamin B kompleks yang sangat penting. Serta, ada vitamin B, asam folat dan vitamin B9 juga terkandung pada ikan ini, ternyata inilah kunci pertumbuhan sekaligus perkembangan janin yang optimal. 

Asam folat juga sangat baik bagi perkembangan bayi yang berperan besar pada pembentukan tabung saraf. Nutrisi ini juga dapat mencegah tulang belakang bayi dan cacat otak. Pada 3 bulan pertama kehamilan, wanita hamil perlu mengonsumsi sekitar 4.000 mcg asam folat.

Sumber Lemak Sehat

Ikan air tawar ini memiliki asam lemak omega-6 dan omega-3. Pada Omega-3 sangat baik dalam membantu dalam meningkatkan jantung, mata, dan sistem kekebalan bayi.

Sedangkan pada omega-6 pada ikan lele dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga kadar kolesterol darah pada bayi. Dengan begitu, bayi di dalam kandungan ini memiliki kemampuan hidup yang tinggi setelah dilahirkan.

Sumber Protein untuk Ibu Hamil

Ikan ini juga mengandung nilai protein yang tinggi untuk kehamilan. Ibu hamil membutuhkan protein tinggi untuk menjaga stamina dan kesehatan selama masa prenatal. Di samping itu, ikan ini juga rendah kalori dan kolesterol yang aman dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Menjaga Pasokan Kalsium Selama Kehamilan

Selama kehamilan, kecukupan kalsium sangat diperlukan dalam membantu dalam mengembangkan berbagai bagian tubuh yang kuat, seperti gigi, tulang, saraf otot, dan sirkulasi darah.

Rendah Merkuri

Ada banyak jenis ikan yang dijual mengandung merkuri, yaitu racun yang membahayakan tubuh. Zat logam ini dapat membahayakan kelahiran, pendengaran, penglihatan, hingga kerusakan otak.

Lele-untuk-Pertumbuhan-Anak-01.jpg.webp" type="image/webp" />Lele-untuk-Pertumbuhan-Anak-01.jpg" type="image/jpg" />
KEYWORD :

Lele manfaat bumil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :