Kamis, 02/05/2024 08:23 WIB

Solusi Ampuh Atasi Hidung Mampet Tanpa Obat

Kondisi hidung mampet ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Anda bisa melakukan sejumlah cara untuk meredakan gejala tersebut agar pernapasan kembali plong.

Seseorang dengan hidung tersumbat ( Foto : Kontan )

JAKARTA, Jurnas.com - Hidung tersumbat menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan penderita flu karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hidung tersumbat bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pilek, sinus, dan alergi.

Akibat dari hidung tersumbat, menjadi susah bernapas, tidur tidak nyaman, dan membuat penciuman kehilangan sensitivitasnya. Nah, untungnya ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan efektif seperti berikut ini:

1. Menghirup Uap Panas

Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat adalah menghirup uap panas. Caranya, Anda bisa merebus air hingga mendidih, lalu letakkan ke dalam wadah atau ember.

Kemudian, Anda duduk menghadap baskom tersebut sehingga uapnya bisa mengenai wajahmu. Tutupi kepala dengan handuk dan bernapaslah di antara uap tersebut.

2. Menggunakan Minyak Angin

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan balsem, atau kayu putih untuk digosokkan ke area dada, leher, maupun hidung.

3. Minum Air Jahe Hangat

Air jahe hangat tidak hanya membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat, melainkan juga membuat kamu lebih fit dan sehat.

4.Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Berjemur di matahari pagi bisa membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cara duduk di matahari pagi antara jam 7 – 9 untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari yang sehat.

Selain itu, terkena paparan sinar matahari yang baik untuk imunitas tubuh, berjemur di matahari pagi juga baik untuk sistem metabolisme tubuh sehingga tubuh bisa membuang racun dan mempercepat proses penyembuhan.

5.Semprotan Saline (air garam)

Saline spray atau semprotan khusus hidung yang mengandung garam dapat membantu mengeluarkan lendir. Semprotan ini cukup banyak di jual di apotek atau toko obat.

Anda juga bisa membuat sendiri dengan menggunakan campuran air hangat, garam, dan soda kue yang ditampung pada wadah, lalu kemudian dihirup.

Namun, jangan terlalu sering menggunakan cara ini. Terlalu banyak menghirup zat garam dapat memicu infeksi pada hidung.

6.Menggunakan Kain Lap Hangat

Letakkan kain lap hangat di wajah sesaat ketika Anda merasa seperti ada lendir yang keluar di hidung. Lakukan sesering mungkin apabila lendir kembali keluar.

KEYWORD :

Hidung tersumbat obat alami




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :