Minggu, 19/05/2024 17:37 WIB

Ternyata Bahan Alami ini Bisa Hilangkan Daki Membandel

Ternyata oat dan tomat diketahui berguna untuk menghilangkan daki lho

Cara menghilangkan daki ( Foto : Grid )

JAKARTA, Jurnas.com - Leher yang tampak menghitam akibat daki bagi semua orang memang mengganggu penampilan. Kondisi ini sendiri biasanya disebabkan oleh kebersihan tubuh yang kurang terjaga ataupun masalah kesehatan tertentu.

Tak perlu khawatir , simak ulasan untuk mengetahui cara menghilangkan daki di leher yang menghitam. Ada yang pakai bahan-bahan alami.

1. Rajin Membersihkan Leher saat Mandi

Paling sederhana dan mudah dilakukan menghilangkan daki pada leher adalah membersihkannya setiap mandi. Menumpuknya daki pada leher sering kali terjadi karena bagian leher, terutama leher belakang, kerap luput dari perawatan.

Untuk menghindari penumpukan daki dan menjaga kulit leher tetap cerah, usahakan untuk bersihkan area leher dengan menggosoknya menggunakan tangan atau alat khusus secara menyeluruh setiap kali mandi.

 2. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Tingginya kadar insulin akibat diabetes ataupun obesitas juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi, utamanya di daerah lipatan kulit seperti leher belakang. Untuk mengatasinya, disarankan melakukan pengobatan sesuai anjuran dokter guna mengendalikan kadar gula darah kemudian diimbangi dengan menjalani gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga dan mengatur pola makan.

3. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Cara ini juga berguna untuk mengangkat daki akibat tumpukan sel-sel kulit mati di leher yang menghitam dan membuatnya kembali cerah.

Adapun cara melakukannya, yakni dengan oleskan ke leher, lalu pijat secara perlahan dengan gerakan memutar selama 30 detik kemudian bilas dengan air hangat. Hindari melakukan eksfoliasi ketika kulit sedang terluka atau terbakar akibat matahari.

4. Segera Keringkan Leher yang Berkeringat

Saat sedang beraktivitas, leher merupakan salah satu bagian tubuh yang banyak mengeluarkan keringat.

Agar tidak terjadi penumpukan daki di leher akibat keringat, usahakan segera mengusap leher ketika keringat mulai muncul. Selain itu, jangan lupa siapkan tisu maupun handuk kecil kemana pun Anda hendak beraktivitas fisik

5. Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Cara menghilangkan daki di leher juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, di antaranya :

Aloe Vera

Ini karena Aloe vera mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu memproduksi dan memperbaiki sel kulit. Cara menggunakannya, yakni pastikan aloe vera yang digunakan sudah tercuci dengan bersih, Lalu oleskan ekstrak aloe vera di kulit yang gelap kemudian diamkan selama 20 menit. Pijat lembut leher, lalu bilas dengan air.

Lemon

Lemon adalah salah satu sumber vitamin C. Cara menghilangkan daki di leher menggunakan lemon dapat dilakukan dengan mencampurkan ekstrak lemon, kemudian oleskan pada kulit yang gelap selama 20 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan cara ini setiap malam untuk mendapatkan hasil maksimal.

Oat dan Tomat

Oat diketahui mengandung saponin berguna sebagai eksfoliator alami sekaligus menjaga kelembapan kulit. Sedangkan, tomat kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melembapkan, melembutkan, dan mencerahkan kulit.

Agar memperoleh manfaatnya secara optimal, Anda bisa mencampurkan oat dan tomat sampai menjadi pasta kental, lalu gosokkan ke bagian kulit yang menghitam selama 20 menit kemudian bilas dengan air dingin.

6. Menggunakan Prosedur Medis

Cara menghilangkan daki di leher yang menghitam. Dokter akan menyarankan beberapa perawatan untuk mengembalikan warna kulit, seperti:

- Menggunakan obat-obatan yang berfungsi sebagai eksfoliator, seperti asam salisilat, asam alfa hidroksi, dan Retin-A.

- Menggunakan salep khusus.

- Perawatan laser.

KEYWORD :

Daki Oat Tomat eksfoliator




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :