Senin, 13/05/2024 10:30 WIB

China Terbangkan Ratusan Pesawat Tempur ke Taiwan

China Terbangkan Ratusan Pesawat Tempur ke Taiwan

Pesawat militer China (Foto: BBC/Getty Images)

Taipei, Jurnas.com - Militer China mengirim 103 pesawat tempur ke Taiwan dalam waktu 24 jam terakhir, menurut laporan Kementerian Pertahanan Taiwan pada Senin (18/9) pagi.

Pesawat-pesawat itu terdeteksi antara jam 6 pagi pada Minggu kemarin dan jam 6 pagi pada Senin ini. Sesuai kebiasaan, ratusan pesawat itu kembali ke China sebelum mencapai Taiwan.

China yang mengklaim Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya, makin sering melakukan latihan militer besar-besaran di udara dan perairan di sekitar Taiwan, seiring meningkatnya ketegangan antara keduanya dan Amerika Serikat (AS).

Pasalnya, AS adalah pemasok senjata utama Taiwan dan menentang segala upaya untuk mengubah status Taiwan dengan kekerasan.

Dikutip dari Associated Press, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa 40 pesawat melintasi titik tengah antara China daratan dan pulau tersebut. Dia juga melaporkan sembilan kapal angkatan laut dalam 24 jam sebelumnya.

"Kami mendesak pihak berwenang Beijing untuk memikul tanggung jawab dan segera menghentikan aktivitas militer destruktif semacam itu," demikian bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Taiwan.

Pekan lalu, China mengirim sejumlah armada kapal termasuk kapal induk Shandong ke perairan dekat Taiwan. Latihan tersebut dilakukan tak lama setelah AS dan Kanada mengirimkan kapal perang melalui Selat Taiwan.

KEYWORD :

China Taiwan Pesawat Tempur Kementerian Pertahanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :