Minggu, 12/05/2024 14:14 WIB

Bentengi Akidah Anak Muda , Ansor Depok Gelar Acara Sholawat

Melalui Ansor Bersholawat  an terbentuknya Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Kota Depok membawa keberkahan bagi Kota Depok.

Ansor Kota Depok, Jawa Barat bersholawat. Foto dok. jurnas.com

DEPOK, Jurnas.com - Ratusan masyarakat Kota Depok, Jawa Barat, khususnya anak-anak muda, khusyuk mengikuti acara Ansor Bersholawat yang diselenggarakan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kota Depok, Minggu (17/9/2023).

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok KH. Achmad Solechan, M.Si mengatakan, NU menghidupkan dan menggerakkan anak milenial atau anak muda menyenangi dzikir dan sholawat. Menurutnya melalui mensyiarkan dzikir dan sholawat.

"Membentengi anak muda dengan dzikir dan sholawat merupakan bagian dari strategi NU dari ancaman negatif di era globalisasi,"ujarnya.

Menurutnya, dengan membentengi ruhani akan  terhindar dari  arus buruk yang  demikian deras dan  masih terbuka lebar. Untuk itu, lanjutnya, salah satu filter penjagaan diri melalui  dizikir dan sholawat.

Melalui Ansor Bersholawat  an terbentuknya Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Kota Depok membawa keberkahan bagi Kota Depok. Sehingga, Kota Depok dihindarkan dari  penyakit masyarakat dan hal negatif seperti tawuran, perkelahian, kenakalan remaja, dan lain-lain.

"Kita optimalkan peran GP Ansor dengan terbentuknya MDS Rijalul Ansor sebagai wadah generasi milenial, anak muda mencintai sholawat. Bagian  konsolidasi remaja mushola, remaja masjid, remaja majelis taklim  sebagai bagian dari syiar. Mari bergabung bersama MDS yang langsung mendapatkan bimbingan dari NU dan Kiyai yang secara sanad bersambung. Semoga memberikan banyak manfaat," harapnya.

Memasuki bulan Maulid yang nantinya masyarakat akan menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurutnya, momentum tersebut meneledani Nabi Muhammad SAW dan sebagai wujud kecintaan umatnya yang suka sholawat, Dengan peringatan Maulid, lanjutnya, mendapatkan pancaran berkah sholawat. apalagi jelang maulid bangga dan bahagia menyambut kelahiran Rasulullah SAW.

"Insya Allah dengan sholawat remaja kita akan mendapatkankan pancaran nur, adem, ketenang, tidak panas, tidak mudah terbakar, mudah terprovokasi,  apalagi jelang Maulid tentu, masyarakat akan bagga dan bahagia menyambut kelahiran Rasulullah SAW. Mari kita sambut Maulid dengan penuh suka cita sebagai bagian dari tradisi yang mengakar di masyarakat,"tandasnya.

Ketua PC GP Ansor M Kahfi mengungkapkan rangkaian kegiatan Ansor Bersholawat berlangsung meriah.

Kapolres Metro Depok, Kombes Pol. H. Ahmad Fuady, S.H.,S.IK. M.H. sebagai 1 Pembaca Tilawatil Qur`an.  Komandan Kodim 0508 Kota Depok  Letkol Inf Totok Prio Kismanto sebagai Pembaca Sari Tilawah. Menurutnya, duet pasangan Polisi-TNI ini menambah semarak kekhidmatan dan apresiasi para hadirin.

"Kedua pemimpin tersebut menjadi teladan dan panutan di masyarakat. Tidak heran, banyak menanyakan bagaimana mendatangkan Kapolres," katanya.

Menurutnya, Ansor Depok Bersholawat bertujuan membumikan sholawat,  menebar perdamaian kepada seluruh warga Kota Depok khususnya nahdliyin.

"Kita berharap  jajaran Pengurus MDS Rijalul Ansor Kota Depok berkiprah sesuai dengan cita-cita dan tujuannya.  Yaitu menghidupkan kembali tradisi-tradisi ke-NU-an, melalui shalawatan, tahlilan, istighotsah, peringatan hari besar Islam di Kota Depok, Dakwah Islam Aswaja An Nahdhliyah yang ke depannya dapat mengonsolidasi para Kyai Muda NU dan Majelis-Majelis yang ada di Kota Depok dalam rangka mempertahankan aqidah Aswaja dan menjaga NKRI," jelasnya.

KEYWORD :

Ansor Depok Sholawat Anak muda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :