Minggu, 19/05/2024 22:04 WIB

Ini Sembilan Cara Bijak Berasuransi agar Dapat Manfaat Optimal

Layanan asuransi dibangun atas dasar perjanjian dengan asas itikad baik (utmost good faith) yang sifatnya bersyarat, mengikat, dan memiliki sifat timbal balik antara pihak tertanggung (nasabah) dan pihak penanggung (perusahaan asuransi).

Ilustrasi polis asuransi. Foto: mediaasuransi

JAKARTA, Jurnas.com – Asuransi di Indonesia telah berkembang cukup pesat, bahkan telah menjadi budaya masyarakat modern. Namun tidak sedikit yang mengalami kerugian akibat salah pilih asuransi, atau juga mendapat manfaat yang kurang optimal.

Sebelum anda memilih produk asuransi, sebaiknya memang pelajari dan pahami terlebih dahulu berbagai risiko dan manfaatnya. Tujuannya untuk melindungi ketahanan finansial pribadi maupun keluarga, termasuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Dilansir dari Prudential Pahami Bareng, yang dikutip jurnas.com, Kamis (14/9/2023), dijelaskan bahwa layanan asuransi dibangun atas dasar perjanjian dengan asas itikad baik (utmost good faith) yang sifatnya bersyarat, mengikat, dan memiliki sifat timbal balik antara pihak tertanggung (nasabah) dan pihak penanggung (perusahaan asuransi). Oleh karena itu, nasabah harus bijak dalam memahami hak, tanggung jawab, dan kooperatif dalam menjalankan aturan sesuai dengan regulasi maupun ketentuan polis yang disepakati.

Masih dikutip dari Prudential, terdapat sembilan langkah yang harus dilakukan seseorang sebelum menentukan membeli polis asuransi.

Pertama, calon nasabah harus memahami produk dan layanan asuransi, termasuk syarat dan ketentuan polis. Pelajari semua itu, jika diperlukan, lakukan konsultasikan kepada tenaga pemasar. Perusahaan asuransi yang baik dan terpercaya, seperti Prudential Indonesia misalnya, pasti memiliki  kontak resmi yang bisa dihubungi untuk memudahkan nasabah mengajukan berbagai pertanyaan terkait polis, pembelian produk hingga pengaduan.

Kedua, calon nasabah harus memastikan produk dan layanan yang dipilih sesuai dengan tujuan, kebutuhan, kondisi keuangan, dan profil risiko.

Ketiga, memastikan kelengkapan data pribadi dan riwayat kesehatan yang lengkap dan akurat, serta jujur. Gunanya untuk menghindari risiko yang dapat menghambat manfaat optimal asuransi dan proses klaim yang lebih panjang.

Keempat, menjaga keamanan data pribadi dan data finansial dengan cara jangan pernah memberikan data pribadi kepada pihak lain yang tidak dikenal, meskipun mengaku sebagai perwakilan dari perusahaan. Jangan pernah juga memberikan informasi terkait pembayaran premi seperti nomor rekening, kode akses, instrumen pembayaran atau informasi sensitif lainnya kepada siapapun termasuk tenaga pemasar.

Kelima, mengevaluasi secara berkala polis anda dan memastikan polis tetap aktif untuk perlindungan yang optimal, termasuk memastikan rutin membayar polis. Di Prudential Indonesia, anda bisa membayar secara autodebet melalui PRUPayLink ata PRUServices di PULSE.

Keenam, pastikan anda memahami syarat dan ketentuan dalam polis anda termasuk pengecualian yang ada, sehingga polis anda sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dan Anda bisa mendapatkan perlindungan yang optimal.

Ketujuh, berkomunikasi dengan santun dalam menyampaikan masukan dan keluhan.

Kedelapan, memahami prosedur pengajuan klaim dan penyampaian laporan pengaduan ke perusahaan asuransi. Hal ini demi menghindari penolakan klaim oleh perusahaan asuransi.

Kesembilan, melaporkan kegiatan atau transaksi tidak resmi kepada perusahaan asuransi agar segera ditindaklanjuti.

KEYWORD :

Asuransi Bijak berasuransi Manfaat asuransi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :