Jum'at, 03/05/2024 22:25 WIB

Jaringan Listrik Kolaps, Nigeria Gelap Gulita

Jaringan Listrik Kolaps, Nigeria Gelap Gulita

Mati listrik di Nigeria (Foto: Aljazeera)

Abuja, Jurnas.com - Terganggunya sistem jaringan listrik membuat Nigeria mengalami mati listrik secara nasional. Pemadaman listrik pada Kamis (14/9) berdampak pada 36 negara bagian Nigeria, termasuk ibu kota Abuja.

Dikutip dari Aljazeera, jaringan listrik rusak beberapa kali. Dan belum diketahui secara pasti listrik akan kembali pulih, pasca perusahaan distribusi listrik, Enugu, mengumumkan kerusakan sistem secara total.

"Karena perkembangan ini, kami tidak dapat memberikan layanan kepada pelanggan kami," kata juru bicara perusahaan, Emeka Ezeh.

Pembangkit listrik turun ke nol pada Kamis pagi dan meningkat menjadi 273 megawatt (MW) pada pukul 10.30 pagi, jauh di bawah rata-rata harian sebesar 4.100MW, menurut data dari Perusahaan Transmisi Nigeria.

"Pasokan listrik akan pulih segera setelah jaringan listrik nasional kembali menyala," terang perusahaan listrik Kaduna yang memasok listrik ke wilayah utara Nigeria.

Pasokan listrik tidak menentu di Nigeria, sehingga memaksa rumah tangga dan dunia usaha menggunakan generator berbahan bakar diesel dan bensin. Namun, harga bensin dan solar meningkat lebih dari dua kali lipat tahun ini, setelah pemerintah mengakhiri subsidi yang telah berlangsung selama puluhan tahun.

Pada 2022 lalu, jaringan listrik di Nigeria juga sempat mengalami gangguan setidaknya empat kali, dan pihak berwenang menyalahkan masalah teknis.

KEYWORD :

Nigeria Jaringan Listrik Sistem Error




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :