Kamis, 16/05/2024 18:10 WIB

Anggota DPR Minta Aparat Elegan dan Humanis Tangani Kasus di Pulau Rempang

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengungkapkan rasa keprihatinannya terhadap peristiwa bentrokan yang terjadi di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau antara warga dengan aparat gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Direktorat Pengamanan BP Batam.

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN, Guspardi Gaus. (Foto: Dok. Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengungkapkan rasa keprihatinannya terhadap peristiwa bentrokan yang terjadi di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau antara warga dengan aparat gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Guspardi mengimbau agar aparat keamanan yang bertugas dapat bersikap elegan dan humanis dalam menyikapi peristiwa di lapangan.

"Bagaimanapun, tentu mereka itu adalah rakyat kita. Oleh karena itu, pendekatan dalam rangka melakukan pembebasan itu dilakukan secara manusiawi. Bagaimanapun ini tentu mencoreng nama baik bangsa dan negara dan ini sudah viral di mana mana. Kasus yang sangat luar biasa yang dihadapi oleh kepolisian dan TNI pada khususnya,” kata Guspardi kepada Parlementaria saat ditemui di Senayan, Jakarta, Selasa (12/9).

Politisi Fraksi PAN ini juga berharap segera ada solusi terbaik bagi kedua belah pihak agar dinamika yang terjadi bisa segera teredam secepat mungkin.

"Mudah mudahan pemerintah punya kebijakan dalam menyikapi investor yang masuk di daerah tersebut mudah mudahan ada win-win solution dalam menyikapi (peristiwa tersebut). Satu sisi kita perlu ada penanam modal, di satu sisi juga kita perlu (menghargai) harkat dan martabat masyarakat yang ada yang sudah berpuluh tahun berada di sana tentu juga perlu dihargai,” harapnya.

Disampaikan Guspardi, sampai saat ini Komisi II juga belum mengagendakan memanggil Kementerian ATR/BPN untuk meminta penjelasan terkait kemungkinan konflik agraria yang terjadi di  Pulau Rempang.

"Belum (memanggil Kementerian ATR/BPN). Kita sekarang ini sedang membahas anggaran. Tentu kalau memang ini ada aspek yang berkaitan dengan Kementerian ATR/BPN, kita akan mempertanyakan bagaimana sebagaimana sebetulnya status dari tanah yang dianggap oleh masyarakat bahwa itu adalah beliau sudah berpuluh puluh tahun berada di situ,” tutupnya.

KEYWORD :

Komisi II DPR DPR Minta Aparat Elegan Kasus di Pulau Rempang BP Batam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :