Minggu, 19/05/2024 09:58 WIB

Harga Rumah di Inggris Anjlok dampak Kenaikan Suku Bunga

Harga Rumah di Inggris Anjlok dampak Kenaikan Suku Bunga

Pamflet penjualan rumah di Inggris (Foto: Reuters)

London, Jurnas.com - Kenaikan suku bunga berdampak pada turunnya harga rumah di Inggris. Lembaga pinjaman, Halifax, menyebut bahwa laporan setahun terakhir menunjukkan penurunan tercepat sejak 2009.

Dikutip dari Reuters pada Kamis (7/9), harga rumah turun 4,6 persen bulan lalu dibandingkan dengan Agustus 2022 ketika harga properti di Inggris mendekati puncaknya.

Angka ini lebih buruk daripada penurunan tahunan sebesar 2,5 persen pada Juli lalu, dengan median penurunan sebesar 3,45 persen menurut jajak pendapat Reuters.

Dengan penurunan sebesar 1,9 persen pada Agustus ini, berarti terjadi penurunan bulanan terbesar sejak November 2022, dan juga lebih dari perkiraan jajak pendapat sebesar 0,3 persen.

"Harga rumah telah terbukti lebih tangguh dibandingkan perkiraan sepanjang tahun ini. Namun, selalu ada efek jeda terkait kenaikan suku bunga, dan kita sekarang mungkin melihat dampak yang lebih besar dari biaya hipotek yang lebih tinggi," kata Direktur Halifax Mortsgages, Kim Kinnaird.

Diketahui, Bank of England telah menaikkan suku bunga sebanyak 14 kali sejak Desember 2021, menaikkan suku bunga menjadi 5,25 persen pada bulan Agustus ini.

Gubernur BoE, Andrew Bailey mengatakan pada Rabu (6/9) kemarin bahwa suku bunga saat ini lebih dekat ke puncaknya dibandingkan sebelumnya, meskipun pasar keuangan masih memperkirakan kenaikan lebih lanjut menjadi 5,5 persen bulan ini dan kenaikan lagi setelahnya.

Sebelumnya, data resmi menunjukkan harga rumah naik 27 persen antara Februari 2020 dan mencapai puncaknya pada September 2022. Situasi ini mencerminkan peningkatan permintaan ruang hidup selama pandemi Covid-19, keringanan pajak sementara, dan suku bunga rendah selama sebagian besar periode tersebut.

Harga rata-rata properti kini telah turun kembali seperti awal 2022 yaitu 279,569 pound menurut temuan Halifax, turun 14,000 pound dari puncaknya tahun lalu, tetapi masih sekitar 40,000 pound lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi.

KEYWORD :

Harga Rumah Inggris Suku Bunga




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :