Selasa, 30/04/2024 13:50 WIB

Jordan Henderson dikecam komunitas LGBTQ, Ini Masalahnya...

Peralihan ke Arab Saudi, di mana homoseksualitas adalah ilegal dan dapat dihukum mati

Jordan Henderson (foto: Google)

Jakarta, Jurnas.com - Perpindahan gelandang sepakbola Inggris, Jordan Henderson ke Arab Saudi dengan kontrak 3 tahun, ternyata tidak berjalan mulus. Dia justru mendapat kecaman dari komunitas LGBTQ. 

Keputusannya bergabung dari klub Liverpool ke liga Pro Saudi Al Ettifaq mendapat kritik pedas, karena Jordan dikenal sejak lama sebagai komunitas LGBTQ. Sedangkan Arab Saudi menjadi negara yang menganggap komunitas adalah ilegal dan dapat dihukum mati,

Jordan memberikan pernyataan saat wawancara yang diterbitkan oleh The Athletic. “Saya bisa memahami rasa frustrasinya. Saya bisa memahami kemarahannya. Saya mengerti. Yang bisa saya katakan adalah saya menyesal mereka merasa seperti itu. Niat saya tidak pernah menyakiti siapa pun,” kata Jordan Henderson kepada The Athletic dalam sebuah cerita yang diterbitkan pada hari Selasa (5/9/2023).

“Sekarang ketika saya mengambil keputusan, cara saya mencoba melihatnya adalah saya merasa seolah-olah, jika saya sendiri tidak pergi, kita semua bisa mengubur kepala kita di pasir dan mengkritik budaya yang berbeda dan negara yang berbeda dari jauh.

“Tapi kemudian tidak terjadi apa-apa. Tidak ada yang akan berubah.”

Jordan Henderson masuk dalam skuad Inggris untuk melawan Ukraina dalam kualifikasi Euro 2024 di Polandia pada hari Sabtu sebelum mengunjungi Skotlandia dalam pertandingan persahabatan minggu berikutnya.

Setelah perpindahan ke Al Ettifaq diumumkan, kelompok LGBTQ Inggris 3LIONSPRIDE mengeluarkan pernyataan yang mengatakan mereka tidak akan lagi menyemangati namanya atau menggunakan spanduk bergambar wajah Jordan Henderson.

Beberapa dari mereka mengatakan mereka mungkin akan meninggalkan lapangan.

Kelompok penggemar LGBTQ+ Liverpool, Kop Outs, mendesak Jordan Henderson untuk “menepati janji Anda sebagai sekutu & pembela hak-hak #LGBT+, hak-hak perempuan dan martabat dasar manusia” setelah dia menyetujui kepindahan ke Arab Saudi.

Jordan Henderson mengaku tersakiti dengan kritik tersebut.

"Saya peduli. Saya bukan salah satu dari orang-orang yang pulang ke rumah, melupakan segalanya dan hanya berpikir, `Saya baik-baik saja, keluarga saya baik-baik saja, teruskan saja.

“Tetapi pada saat yang sama, saya tahu orang-orang bisa melihatnya seperti itu dan mereka berhak atas pendapatnya, mereka berhak untuk merasa seperti itu. Yang bisa kukatakan hanyalah aku minta maaf, aku menyesal telah membuat mereka merasa seperti itu. Tapi saya belum berubah sebagai pribadi.”

Kop Outs bereaksi terhadap wawancaranya dengan The Athletic dengan postingan di X, platform yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

“Tidak ada penerimaan Jordan Henderson atas perannya dalam pencucian olahraga, upaya untuk menyamarkan catatan hak asasi manusia Arab Saudi yang menjijikkan,” katanya.

“Kedengarannya lebih seperti upaya untuk membangun kembali `mereknya`, maaf saja tidak cukup, tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata,” katanya.

Al Ettifaq banyak dikritik karena menyensor dukungan Jordan Henderson terhadap gerakan LGBTQ dengan mewarnai ban kapten berwarna pelangi pada gambar pemain tersebut ketika mengumumkan penandatanganannya di media sosial.

Ketika ditanya apakah dia masih akan memakai tali pelangi, Jordan Henderson berkata:

“Saya tidak akan mengesampingkan hal itu. Namun pada saat yang sama, yang tidak akan saya lakukan adalah tidak menghormati agama dan budaya di Arab Saudi.”

Setelah 12 musim di Liverpool, banyak fans yang terkejut dengan keputusan sang kapten meninggalkan klub. Namun Jordan Henderson merasa dirinya tak lagi menjadi bagian penting dalam rencana manajer Jurgen Klopp.

“Ada beberapa hal yang membuat alarm berbunyi. Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengan Jurgen. Dia sangat jujur kepada saya,” kata Jordan Henderson kepada Athletic.

“Saya tidak akan menjelaskan secara detail mengenai pembicaraan ini karena ini bersifat pribadi, namun hal ini menempatkan saya pada posisi di mana saya tahu bahwa saya tidak akan bermain terlalu sering. Saya tahu akan ada pemain baru yang menggantikan posisi saya.”

Jordan Henderson membantah alasan dirinya bersedia bergabung dengan Al Ettifaq adalah imbalan finansial yang ditawarkan.

“Orang bisa percaya atau tidak, tapi dalam hidup dan karier saya, uang tidak pernah menjadi motivasi. Pernah. Jangan salah, kalau pindah, urusan bisnisnya harus ketat.

“Anda harus punya finansial, Anda harus merasa diinginkan, Anda harus merasa dihargai. Dan uang adalah salah satu bagiannya. Namun itu bukanlah satu-satunya alasan. Dan kemungkinan-kemungkinan ini muncul bahkan sebelum uang disebutkan.” (*)

KEYWORD :

Jordan Henderson Komunitas LGBT Sepak Bola Arab Saudi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :