Kamis, 09/05/2024 07:12 WIB

PBB Desak Negara Kaya Cabut Hak Paten Vaksin COVID-19

Inggris, Jerman, Swiss dan Amerika Serikat (AS) diminta melepaskan hak paten vaksin virus corona

Seorang perawat menyiapkan suntikan vaksin penyakit coronavirus (COVID-19) Pfizer-BioNTech di pusat vaksinasi di Forum Humboldt di Berlin, Jerman 19 Januari 2022. (Foto file: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Komite anti-rasisme PBB mendesak negara-negara kaya, khususnya Inggris, Jerman, Swiss dan Amerika Serikat (AS) untuk melepaskan hak paten vaksin virus corona (COVID-19).

Pada bulan Juni 2022, negara-negara anggota Organisasi Perdagangan Dunia mencapai kesepakatan yang memberikan wewenang kepada negara-negara berkembang untuk mencabut paten vaksin COVID-19 selama lima tahun, namun pembicaraan lebih lanjut mengenai masalah tersebut terhenti.

Komite Penghapusan Diskriminasi Rasial PBB, sebuah kelompok yang terdiri dari 18 pakar hak asasi manusia independen yang pandangannya tidak mengikat, mengatakan bahwa kesepakatan tersebut belum cukup membantu mengurangi kesenjangan.

Menurut data terbaru WHO, 32 persen populasi dunia telah menerima setidaknya satu booster atau dosis vaksin tambahan, namun di beberapa negara berkembang angkanya kurang dari satu persen, katanya.

“Penolakan terus-menerus dari negara-negara kaya untuk mengesampingkan hak kekayaan intelektual menimbulkan kekhawatiran mengenai kewajiban mereka berdasarkan Konvensi Internasional tentang Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Rasial," tambah komite tersebut.

Dikatakan bahwa COVID-19 masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius dengan dampak “merusak” yang terjadi secara tidak proporsional pada masyarakat keturunan Afrika atau Asia, etnis minoritas, komunitas Gipsi, dan masyarakat adat.

Ketimpangan ini dapat “dimitigasi secara signifikan” dengan berbagi akses terhadap hak kekayaan intelektual atas vaksin, pengobatan, dan teknologi yang dapat menyelamatkan nyawa “yang saat ini dimiliki oleh beberapa negara di belahan dunia Utara,” katanya.

 

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Hak Paten Vaksin Covid-19 PBB Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :