Minggu, 28/04/2024 04:35 WIB

Korsel Kabarkan Kematian Jong-nam Pakai Pengeras Suara

Pengumuman melalui pengeras suara raksasa itu, dilakukan di perbatasan kedua  negara, sehingga bisa didengar oleh tentara dan masyarakat Korea Utara.

Kim Jong nam

Seoul - Korea Utara masih berupaya menutupi kematian Kim Jong-nam yang tewas dibunuh saat berada di Bandara Malaysia pekan lalu. Namun Korea Selatan yang menjadi tetangganya berupaya mengabarkan kematian kakak tiri Pemimpinan Korea Utara, Kim Jong-un itu dengan pengeras suara raksasa untuk mengabarkan kematiannya.

Pengumuman yang dilakukan Korea Selatan melalui pengeras suara raksasa itu, dilakukan di perbatasan kedua  negara, sehingga bisa didengar oleh tentara dan masyarakat Korea Utara. Cara itu dilakukan Korsel, karena Korea Utara berusaha menutupi kematian anak pertama mantan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il.

"Kim Jong-nam telah meninggal dunia setelah diserang dua wanita tak dikenal di Bandara Internasional Kuala Lumpur,"  begitu bunyi pesan yang disampaikan melalui  pengeras suara raksasa itu yang kemudian ditayangkan ulang oleh televisi.

Kalimat yang disampaikan lagi, "Pihak berwenang Malaysia mengatakan empat tersangka adalah warga negara Korea Utara termasuk salah seorang yang sudah ditangkap."

Cara itu ini dianggap efektif untuk menyampaikan propaganda dengan sasaran tentara Korea Utara.  Pengeras suara raksasa itu bisa terdengar sampai radius 10 kilometer, demikian AFP.

KEYWORD :

Kim Jong-nam Korea Selatan Korea Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :