Minggu, 19/05/2024 18:42 WIB

PKS Juga Minta Anies Baswedan Segera Deklarasi Cawapres

Pertama, kita setuju segera deklarasi. Kenapa, karena ini tinggal 6 bulan lagi nih. Waktu enam bulan itu waktu paling minimal untuk kita bisa penetrasi ke akar rumput yang efektif.

Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepakat dengan Partai Demokrat agar calon presiden (capres) Anies Baswedan segera mengumumkan nama calon wakil presiden (cawapres).

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menjelaskan, hal itu penting mengingat persiapan pelaksanaan Pemilu 2024 sudah di depan mata.

"Pertama, kita setuju segera deklarasi. Kenapa, karena ini tinggal 6 bulan lagi nih. Waktu enam bulan itu waktu paling minimal untuk kita bisa penetrasi ke akar rumput yang efektif," kata di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (21/8).

Mardani menilai Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) sudah tidak memiliki waktu banyak untuk menunda-nunda deklarasi cawapres Anies. Dia menyinggung privilese poros koalisi cawapres lain seperti Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo yang memiliki infrastruktur partai cukup bagus.

"Yang kita tidak miliki, waktu. Kemewahan lain kalau Pak Prabowo katakan, Mas Ganjar itu punya, Prabowo panggungnya sudah panjang, Mas Ganjar sampai September ini masih oke, terus PDIP punya infrastruktur yang bagus, ya kepala daerah banyak, mau bikin acara bagus," kata dia.

Atas hal tersebut, Mardani sepakat jika Anies harus segera mengumumkan pendamping ya di Pilpres 2024. "Jadi saya setuju, kita perlu segera deklarasi dan jangan menunggu yang tidak pasti sebenarnya yang pasti sudah ada," ujarnya.

Mardani mengatakan posisi penentuan cawapres Anies sudah mengerucut pada satu nama ini. "Secara umum kita sudah punya kesepakatan untuk segera mengumumkan," kata Mardani.

Di sisi lain, Mardani mengamini Anies masih mencari momentum yang cocok untuk mendeklarasikan cawapresnya. Momen itu diharapkan dapat membawa elektabilitas Anies meningkat, bukan menurun.

"Nah ketika berbincang Mas Anies mengatakan cari momentum, kemudian memastikan bahwa nanti sudah ditentukan dia akan terus meningkat momentumnya, jangan sampai berhenti atau turun," kata dia.

Andi Arief sebelumnya mendorong deklarasi cawapres Anies. Deklarasi dinilai bagian dari strategi menaikkan elektabilitas Anies.

"Saya berharap Anies Baswedan segera mendeklarasikan cawapresnya sebagai taktik menaikkan elektabilitasnya," kata Andi beberapa waktu lalu.

Andi bahkan menyinggung NasDem agar mempertimbangkan masukan Demokrat soal cawapres Anies. Dia meminta Tim Delapan di kalangan internal KPP agar melakukan evaluasi terkait hal tersebut.

"Beberapa kawan dari NasDem harap lebih bijak soal ini. Adapun tim 8 segera mengevaluasi capaiannya," katanya.

 

KEYWORD :

Warta DPR Mardani Ali Sera PKS Cawapres Anies Baswedan Pilpres 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :