Senin, 29/04/2024 16:35 WIB

Ukraina Gagal Pakai Jet Tempur F-16 Buatan AS Tahun Ini

Ukraina telah berulang kali meminta sekutunya dari Barat untuk memasoknya F-16.

Dua F-16 Fighting Falcon Angkatan Udara AS beroperasi dengan kapal perusak berpeluru kendali USS Nitze (DDG 94) di Laut Merah. (Al Arabiya/Berkas Foto)

JAKARTA, Jurnas.com - Juru Bicara Angkatan Udara Ukraina, Yuriy Ihnat mengatakan, pihaknya tidak akan dapat mengoperasikan jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS) pada musim gugur dan musim dingin mendatang.

"Sudah jelas kami tidak akan mampu mempertahankan Ukraina dengan jet tempur F-16 selama musim gugur dan musim dingin ini," kata Ihnat dalam siaran telethon bersama oleh saluran Ukraina.

Ukraina telah berulang kali meminta sekutunya dari Barat untuk memasoknya F-16, yang menurut Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy akan menjadi sinyal bahwa invasi Rusia akan berakhir dengan kekalahan.

Presiden AS, Joe Biden mendukung program pelatihan untuk pilot Ukraina pada F-16 pada bulan Mei, tetapi belum ada waktu untuk pasokan pesawat perang yang diberikan sejauh ini.

"Kami memiliki harapan besar untuk pesawat ini, bahwa itu akan menjadi bagian dari pertahanan udara, mampu melindungi kami dari terorisme rudal dan drone Rusia," kata Ihnat.

Barat mengatakan ingin membantu Ukraina mengalahkan Rusia tetapi telah berulang kali menegaskan tidak ingin memicu konfrontasi langsung antara aliansi militer NATO yang didukung AS dan Moskow.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Jet Tempur F-16 Perang Rusia Ukraina Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :