Minggu, 19/05/2024 19:17 WIB

HUT ke-78 RI, Rektor Untar Wanti-wanti Derasnya Budaya Asing

Menurut Agustinus, derasnya budaya asing yang masuk ke Indonesia melalui medsos, berpeluang mempengaruhi nilai-nilai ke-Indonesiaan dan rasa cinta Tanah Air.

Pelaksanaan upacara kemerdekaan di Universitas Tarumanagara (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Prof. Agustinus Purna Irawan mengimbau mahasiswa tetap menyaring dan menyeleksi berbagai budaya asing, yang masuk melalui media sosial (medsos).

Hal ini disampaikan usai kegiatan `Upacara Peringatan Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia` di kampus Untar pada Kamis (17/8) pagi.

Menurut dia, derasnya budaya asing yang masuk ke Indonesia melalui medsos, berpeluang mempengaruhi nilai-nilai ke-Indonesiaan dan rasa cinta Tanah Air.

"Karena kan orang merasa bahwa ini yang paling penting di depan mata saya, dan seterusnya dengan medsos itu," kata Agustinus kepada awak media.

"Oleh karena itu kita harus berusaha memberikan penguatan terhadap individu-individu untuk siap menghadapi tantangan hambatan ini. Juga, pengaruh budaya dari luar yang luar biasa deras masuk dengan nilai-nilai yang terus kita tanamkan nilai-nilai kebangsaan kita," imbuh dia.

Upacara Kemerdekaan ke-78 dihadiri oleh 3.500 mahasiswa baru Untar. Kepada para mahasiswa, Agustinus berperan supaya mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, kembali merenungkan nilai-nilai kemerdekaan yang dicapai oleh para pahlawan.

"Apalagi anak-anak terdidik ini, untuk mengisi kemerdekaan, mempersiapkan Indonesia emas 2045, saya kira itu menjadi kata kunci. Karena kalau tidak, nanti ada banyak persoalan di depan, anak-anak tidak siap dan itu akan menjadi satu kendala untuk bisa mencapai Indonesia emas 2045," ujar dia.

Sementara itu, perwakilan TNI, Letnan Kolonel Harry Ismail mengapresiasi kolaborasi Untar dan TNI dalam penyelenggaraan upacara kemerdekaan ini. Menurut dia, kegiatan tersebut tidak hanya bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan NKRI, melainkan pula upaya menanamkan kedisiplinan.

"Ini kan salah satu indikator bahwasanya kampus ini sudah menerapkan dan terus mengaplikasikan nilai-nilai historikal bangsa, sejarah perjuangan, kemudian menerapkan disiplin, kemudian bagian-bagian itu penting di dunia pendidikan," tutup dia.

KEYWORD :

Universitas Tarumanagara HUT ke-78 RI 17 Agustus Agustinus Purna Irawan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :