Minggu, 19/05/2024 10:40 WIB

Bamsoet Buka Sidang Tahunan dengan Pantun `Koalisi Masih Bisa Berubah`

Sidang dibuka dengan pantun soal pohon beringin dan koalisi Pilpres 2024.

Ketua MPR Bambang Soesatyo saat memberikan pidato di Sidang Tahunan MPR RI, Rabu (16/8).

Jakarta, Jurnas.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka sidang tahunan 2023 MPR bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8).

Sidang dibuka dengan pantun soal pohon beringin dan koalisi Pilpres 2024. "Sebelum saya lanjutkan, izinkan saya mengawali sidang ini dengan dua bait pantun," kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo.

"Burung perkutut di atas awan
Terbang tinggi, hinggap di pohon beringin
Terima kasih atas kehadiran tuan dan puan
Walaupun koalisi masih bisa berubah-ubah.
Melalui Sidang Tahunan MPR ini mari kita jaga persatuan dan kesatuan,"

Bamsoet kemudian melanjutkan pantun kedua:

"Bunga dedap di atas para
Anak dusun pasang pelita
Sudah 78 tahun Indonesia merdeka
Saatnya kita wujudkan Indonesia jaya, berlandaskan Pancasila
MERDEKA!"

Kemudian, Bamsoet pun melanjutkan dengan berpidato dan mengawalinya dengan mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUY) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Melalui mimbar Sidang Paripurna ini, kami atas nama Pimpinan dan Anggota MPR, DPR, dan DPD, 8 mengucapkan, Dirgahayu ke-78 Republik Indonesia. Merdeka! Merdeka! Merdeka!" kata dia.

Untuk diketahui, Sidang Tahunan MPR adalah bagian dari rangkaian perayaan hari kemerdekaan. Sidang ini digelar setiap tahun di tanggal 16 Agustus.

Dalam sidang ini, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato kenegaraan. RI 1 juga bakal membacakan nota keuangan dan APBN tahun berikutnya di hadapan anggota dewan.

Sebanyak 2.450 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Gedung DPR/MPR, Rabu (16/8).

"Total ada 2.450 personel yang dikerahkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya.

Ribuan personel gabungan itu terdiri dari 2.211 personel Polda dan Polres jajaran, 150 personel TNI, serta 89 personel dari pemda.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan sidang tahunan itu rencananya akan dimulai pada pukul 09.30 WIB dan dihadiri sekitar 1.549 undangan.

Mulai dari wakil presiden, menteri Kabinet Indonesia Maju hingga ketua umum partai politik yang mewakili keterwakilan di DPR RI.

KEYWORD :

Ketua MPR Bambang Soesatyo Sidang Tahunan Koalisi Partai Pilpres 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :