Sabtu, 18/05/2024 12:50 WIB

Gelar Parade Militer, Polandia Pamer Persenjataan Canggih

Polandia memamerkan persenjataan canggih mereka.

Anggota pasukan militer Polandia berpartisipasi dalam parade militer tahunan Hari Angkatan Bersenjata untuk memperingati kemenangan Polandia atas Tentara Merah Uni Soviet pada tahun 1920, di Warsawa, 15 Agustus 2023 (Kacper Pempel/Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Polandia mengadakan parade militer terbesarnya sejak Perang Dingin dalam sebuah acara yang menandai kemenangan atas pasukan Soviet pada tahun 1920 dan memamerkan persenjataan canggih negara itu.

Parade ini dilakukan ketika perang berkecamuk di negara tetangga Ukraina dan pertahanan menjadi pusat perhatian di depan parlementer pemilihan yang dijadwalkan pada bulan Oktober.

Parade Hari Angkatan Bersenjata pada Selasa menandai peringatan 103 tahun kemenangan Polandia atas Tentara Merah Uni Soviet dalam Pertempuran Warsawa pada tahun 1920, di mana pasukan Polandia mengalahkan pasukan Bolshevik yang maju ke Eropa.

Invasi skala penuh Rusia ke Ukraina telah menjadikan peningkatan angkatan bersenjata Polandia sebagai prioritas bagi Hukum dan Keadilan (PiS) nasionalis yang berkuasa di negara itu.

"Pertahanan perbatasan timur kami, perbatasan Uni Eropa dan NATO saat ini merupakan elemen kunci dari kepentingan negara Polandia," kata Presiden Polandia Andrzej Duda, panglima angkatan bersenjata, dalam pidato pembukaannya di acara tersebut.

Kerumunan, mengibarkan bendera putih-merah nasional, berkumpul dalam suhu panas yang mencapai 35C (95F) untuk melihat tank Abrams buatan Amerika Serikat, sistem artileri bergerak HIMARS, dan sistem rudal Patriot berparade melalui jalan-jalan ibu kota.

Juga dipamerkan pesawat tempur F-16, pesawat tempur FA-50 Korea Selatan dan howitzer K9. Sebuah F-35 Angkatan Udara AS meraung di atas kepala sebagai tanda Polandia juga membeli pesawat tempur canggih ini. Peralatan buatan Polandia termasuk Krab tracked gun howitzer dan transporter lapis baja Rosomak juga ditampilkan.

"15 Agustus bukan hanya kesempatan untuk memberi penghormatan kepada para pahlawan Pertempuran Warsawa yang menang dan untuk berterima kasih kepada tentara kontemporer karena telah mempertahankan tanah air kita," kata Menteri Pertahanan Mariusz Blaszczak kepada pasukan dan penonton yang berkumpul di dekat Sungai Vistula.

"Ini juga merupakan hari yang sempurna untuk menunjukkan kekuatan kami, untuk menunjukkan bahwa kami telah membangun angkatan bersenjata yang kuat yang secara efektif akan mempertahankan perbatasan kami tanpa ragu-ragu," katanya.

Duda mengatakan, tentara Polandia memiliki lebih dari 175.000 tentara, meningkat dari sekitar 100.000 delapan tahun lalu.

Dia juga mengatakan anggaran pertahanan Polandia tahun ini akan mencapai rekor 137 miliar zlotys ($34 miliar) atau sekitar 4 persen dari produk domestik bruto (PDB), proporsi tertinggi di seluruh NATO.

"Tujuan dari modernisasi besar-besaran ini adalah untuk melengkapi angkatan bersenjata Polandia dan menciptakan sistem pertahanan sedemikian rupa sehingga tidak ada yang berani menyerang kita, sehingga tentara Polandia tidak perlu berperang," kata Duda, sambil menyuarakan rasa hormatnya kepada militer.

Menanggapi kritik bahwa Polandia, sebuah negara berpenduduk sekitar 37 juta, mengambil pinjaman besar untuk melakukan pembelian, Duda berkata, "Kami tidak bisa diam. Inilah mengapa kami memperkuat angkatan bersenjata kami di sini dan saat ini."

"Keamanan Polandia tak ternilai harganya," tambahnya.

 

Sejak Rusia meluncurkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022, pemerintah konservatif Polandia berfokus pada penguatan angkatan bersenjata dan menghabiskan lebih dari $16 miliar untuk membeli tank, sistem pencegat rudal, dan jet tempur, banyak yang dibeli dari AS dan Korea Selatan.

Polandia memiliki perbatasan di timur dengan kantong Rusia di Kaliningrad; dengan Lithuania, sesama anggota NATO; dan dengan sekutu utama Rusia, Belarus, serta dengan Ukraina.

Peningkatan militer telah memperkuat kemampuan pertahanan Polandia dan beberapa item menggantikan peralatan buatan Soviet dan Rusia yang disediakan Polandia untuk Ukraina dalam perjuangannya melawan Rusia.

Polandia sedang membangun salah satu tentara terkuat di Eropa untuk meningkatkan pencegahan terhadap agresor potensial dan telah meningkatkan jumlah pasukan menjadi sekitar 10.000 di sepanjang perbatasannya dengan Belarusia, di mana ia juga membangun tembok untuk menghentikan migran yang datang dari arah itu.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Pakta Pertahanan Atlantik Utara Parade Militer Perang Rusia Ukraina NATO Polandia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :