Kamis, 16/05/2024 12:44 WIB

Irjen Krishna Murti ke KPK, Bahas Pencarian Buronan Kasus Korupsi

Kehadiran jenderal polisi bintang dua tersebut untuk berkoordinasi terkait isu kejahatan transnasional.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK. (Foto: Gery/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima kunjungan Kepala Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri Irjen Krishna Murti dan rombongan, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (7/8).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menjelaskan kehadiran jenderal polisi bintang dua tersebut untuk berkoordinasi terkait isu kejahatan transnasional.

"Betul ada kunjungan dimaksud. Dalam rangka koordinasi dan memperkuat kerjasama terkait isu-isu kejahatan transnasional khususnya korupsi," kata Ali Fikri dalam keterangannya.

Ali menjelaskan, salah satu yang dibahas adalah pencarian buron kasus korupsi, termasuk mantan caleg PDI Perjuangan (PDIP) Harun Masiku.

"Termasuk upaya pencarian para buronan. Kadiv Hubinter diterima oleh seluruh pimpinan dan para pejabat struktural KPK," jelas Ali.

Diketahui, KPK masih mengejar tiga buronan kasus korupsi. Pertama, Kirana Kotama yang dicari sejak 2017 karena dugaan suap pengajuan revisi alih fungsi hutan di Provinsi Riau pada 2014 kepada Kementerian Kehutanan.

Kedua, Paulus Tannos yang tersandung kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP.  Dia diduga turut terlibat dalam bancakan proyek senilai Rp 5,9 triliun. Dalam perkara ini negara merugi Rp 2,3 triliun.

Ketiga, eks caleg Harun Masiku juga masih buron. Tersangka penyuap eks Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan itu masih belum diketahui keberadaannya.

Sebelumnya, Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri menyatakan telah menindaklanjuti informasi bahwa buronan Harun Masiku berada di Kamboja dan berganti kewarganegaraan.

"Kami akan tindak lanjuti, kerja sama dengan KPK dan interpol serta otoritas Kamboja," kata Kepala Divhubinter Polri Irjen Krishna Murti, Rabu (26/7).

Namun, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyatakan, Harun tidak ditemukan di negara tersebut. Korps Bhayangkara, kata dia, sudah berkoordinasi dengan Interpol.

KEYWORD :

KPK Buronan Korupsi Harun Masiku Kadiv Hubinter Polri Krisna Murti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :