Senin, 13/05/2024 10:24 WIB

Buya Risman: Ulama Harus Tanamkan Tujuh Prinsip Ukhuwah dalam Berdakwah

Silaturahim halaqah ulama ibukota Jakarta ini sangat penting karena ulama memiliki peran yang luar biasa dan berperan membina masyarakat Islam

MUI DKI Jakarta Gelar Audit Internal ISO 9001:2005 (Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta Buya Risman Muchtar membuka membuka Silaturahim dan Halaqah Ulama DKI Jakarta di Hotel Acacia Jakarta.

Acara yang mengusung tema "Urgensi Peran Dai dalam Menjaga Ukhuwah Islamiyah di Tahun Politik" dihadiri oleh para ulama ibu kota dengan narasumber Kh Cholil Nafis, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah MUI Pusat, Kol Inf Nanang Arianto Staff Ahli Pangdam Jaya dan AKBP Yudhistira Midyahwan selaku Wadir Binmas Polda Metro Jaya.

Buya Risman mengatakan silaturahim halaqah ulama ibukota Jakarta ini sangat penting karena ulama memiliki peran yang luar biasa dan berperan membina masyarakat islam, terutama di tahun politik. Untuk itu para mubaligh punya tanggung jawab besar bagaimana menjaga negara ini,

"Sementara hari ini kita melihat, wajah islam sedang berada di titik kritis, seperti halnya kita lihat di media sosial, mencaci maki, fitnah dan semua itu dianggap perbuatan yang tidak berdosa, dan bagi kita para mubaligh, ini merupakan sinyal yang cukup mengerikan hingga kita harus terjun langsung ke masyarakat," kata Buya Risman.

Buya Risman menyampaikan juga, ada tujuh prinsip ukhuwah dalam berdakwah yang harus diketahui yaitu bersatu dalam aqidah, berjamaah dalam ibadah, tasamuh dalam khilafiyah, ihsan dalam bermujadalah, fathanah dalam bersiyasah, santun dalam bermuamalah, dan istiqamah dalam berdakwah.

Buya Risman menyebut pertemuan itu sangat luar biasa, sangat penting, apalagi dengan narasumber yang memiliki peran strategis dalam kehidupan berbangsa.

"Kita bertekad bersama sama bagaimana kita menjamin agar menjaga negara kita ini dari segala macam bentuk perpecahan, untuk itu para ulama atau mubaligh harus mempunyai niat dan semangat untuk tetap membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia," tutup Buya Risman.

KEYWORD :

MUI DKI Halaqah Ulama Buya Risman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :