Senin, 29/04/2024 19:34 WIB

AS Gagalkan Upaya Iran Sita Kapal Tanker di Teluk Oman

AS Gagalkan Upaya Iran Sita Kapal Tanker di Teluk Oman

Bendera Iran dan Amerika Serikat (Foto: Setav)

Dubai, Jurnas.com - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengklaim telah menggagalkan upaya Iran menyita dua kapal tanker komersial di Teluk Oman, pada Rabu (5/7) kemarin.

Dikutip dari Reuters pada Kamis (6/7), pada Rabu malam kapal angkatan laut Iran mendekati kapal tanker berbendera Kepulauan Marshal TRF Moss.

"Kapal Iran meninggalkan tempat kejadian ketika kapal perusak rudal USS McFaul tiba di stasiun," demikian keterangan Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan.

Tiga jam kemudian, Angkatan Laut AS kembali menerima panggilan darurat dari kapal tanker berbendera Bahama, Richamond Voyager saat berada lebih dari 20 mil di lepas pantai Muscat, Oman.

"Kapal angkatan laut Iran lainnya telah mendekat dalam jarak satu mil dari Richmond Voyager sambil memanggil kapal tanker komersial untuk berhenti," terangnya. AS lalu mengarahkan kapal dagang itu ke jalur dengan kecepatan maksimum.

"Sebelum McFaul tiba di tempat kejadian, personel Iran menembakkan beberapa tembakan panjang dari senjata ringan dan senjata yang digunakan awak," imbuhnya.

Sementara itu, perusahaan minyak AS, Chevron, mengonfirmasi bahwa mereka mengelola Richmond Voyager, dan memastikan keselamatan awak kapal. Saat ini kapal tersebut telah beroperasi secara normal.

KEYWORD :

Amerika Serikat Iran Kapal Tanker Teluk Oman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :