Selasa, 14/05/2024 18:26 WIB

Memasuki Hari Keempat Kerusuhan di Prancis, 1.300 Orang Ditangkap

Kementerian Dalam Negeri Prancis mengumumkan 1.311 penangkapan di seluruh Prancis pada Sabtu pagi.

Kerusuhan di Prancis. (Foto: Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Kerusuhan masih berkecamuk di kota-kota di sekitar Prancis untuk malam keempat meski pemerintah telah mengerahkan polisi secara besar-besaran. Sebanyak 1.300 orang ditangkap, saat keluarga dan teman bersiap menguburkan remaja berusia 17 tahun yang pembunuhannya oleh polisi menimbulkan kerusuhan. 

Pemerintah menyatakan kekerasan mulai berkurang berkat langkah-langkah keamanan yang lebih ketat, tetapi kerusakan tetap meluas dan kekerasan juga meletus di beberapa wilayah seberang laut Prancis, di mana seorang pria berusia 54 tahun tewas setelah terkena peluru nyasar di Guyana Prancis.

Kementerian Dalam Negeri Prancis mengumumkan 1.311 penangkapan di seluruh Prancis pada Sabtu (1/7) pagi.

Sekitar 45.000 petugas polisi yang didukung oleh kendaraan lapis baja ringan dikerahkan pada Jumat, namun meskipun operasi keamanan berat, penjarahan dan kerusuhan terjadi di kota Lyon, Marseille dan Grenoble dengan sekelompok pemuda yang menjarah toko, membakar dan melempari petugas dengan proyektil.

Meskipun pemerintah berulang kali menyerukan agar tenang, kekerasan tetap terjadi pada Jumat siang di beberapa daerah.

Sebuah toko Apple dijarah di kota timur Strasbourg, di mana polisi menembakkan gas air mata, dan jendela gerai makanan cepat saji dihancurkan di pusat perbelanjaan di daerah Paris, di mana petugas juga memukul mundur orang yang mencoba masuk ke toko yang tutup, pihak berwenang dikatakan.

Kota pelabuhan selatan Marseille mengalami pergolakan malam kedua. Sebelum malam tiba, anak muda melemparkan proyektil, membakar dan menjarah toko, kata polisi, termasuk toko senjata tempat para penjarah mengambil senjata, dan seorang pria kemudian ditangkap dengan senapan berburu.

Walikota Marseille Benoit Payan menyerukan bala bantuan tentara Prancis dengan mengatakan "aksi penjarahan dan kekerasan tidak dapat diterima".

Sementara situasi tampak lebih tenang di Paris, pihak berwenang di kota Lyon melaporkan para perusuh kembali membakar dan melempari polisi di pinggiran kota. Di pusat kota, polisi melakukan 31 penangkapan untuk menghentikan upaya penjarahan toko setelah protes tidak sah terhadap kekerasan polisi yang menarik sekitar 1.300 orang pada Jumat malam.

Di Guyana Prancis, seorang pria berusia 54 tahun tewas oleh peluru nyasar pada Kamis malam ketika perusuh menembaki polisi di ibu kota, Cayenne, kata pihak berwenang.

Di pulau kecil Reunion di Samudra Hindia, pengunjuk rasa membakar tempat sampah, melemparkan proyektil ke arah polisi, dan merusak mobil serta bangunan, kata para pejabat. Sekitar 150 petugas polisi dikerahkan di sana pada Jumat malam.

Penembakan fatal Nahel M yang berusia 17 tahun terekam dalam video, mengejutkan Prancis dan memicu ketegangan yang berkepanjangan antara polisi, kaum muda di proyek perumahan negara dan lingkungan yang kurang beruntung, dan rasisme dalam masyarakat Prancis.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, setelah bergegas kembali dari pertemuan puncak Uni Eropa untuk memimpin pertemuan krisis pada Jumat, mengecam eksploitasi yang tidak dapat diterima atas kematian seorang remaja di beberapa tempat, tetapi dia tidak menyatakan keadaan darurat.

Macron mendesak orang tua untuk bertanggung jawab atas perusuh di bawah umur, sepertiga di antaranya adalah "muda atau sangat muda", katanya.

Dia berjanji untuk bekerja dengan platform media sosial untuk mengekang "kekerasan peniru" yang menyebar melalui layanan seperti TikTok dan Snapchat.

"Pemerintah akan menetapkan prosedur untuk penghapusan konten paling sensitif," katanya, menambahkan bahwa dia mengharapkan semangat tanggung jawab dari perusahaan teknologi.

Juru bicara Snapchat, Rachel Racusen mengatakan perusahaan telah meningkatkan moderasi sejak Selasa untuk mendeteksi dan menindaklanjuti konten yang terkait dengan kerusuhan.

Nahel akan dimakamkan dalam sebuah upacara pada Sabtu (1/7), menurut walikota Nanterre – pinggiran kota Paris tempat dia tinggal dan dibunuh. Pengacara keluarga telah meminta wartawan untuk menjauh, mengatakan itu adalah "hari refleksi" bagi kerabat Nahel.

Ibu Nahel, Mounia, mengatakan kepada televisi France 5: "Saya tidak menyalahkan polisi, saya menyalahkan satu orang: orang yang mengambil nyawa anak saya."

Dia mengatakan petugas polisi berusia 38 tahun yang bertanggung jawab atas pembunuhan putranya, dan yang ditangkap dan didakwa melakukan pembunuhan sukarela pada hari Kamis, "melihat wajah Arab, seorang anak kecil, dan ingin mengambil nyawanya".

Kantor hak asasi manusia PBB mengatakan pada hari Jumat bahwa pembunuhan remaja keturunan Afrika Utara adalah "momen bagi negara untuk secara serius menangani masalah rasisme dan diskriminasi rasial yang mendalam dalam penegakan hukum".

Pernyataan kementerian luar negeri Prancis menolak tuduhan itu sebagai "sama sekali tidak berdasar".

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Kekerusuhan Prancis Penangkapan Prancis Penembakan Remaja di Prancis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :