Selasa, 30/04/2024 11:55 WIB

Zelenskyy: Pemberontakan Wagner Bongkar Kelemahan Rezim Putin

Kepresidenan Ukraina mengatakan Zelenskyy dan Biden berbagi penilaian mereka tentang perkembangan di Rusia.

Ukrainian President Volodymyr Zelenskyy gives a joint press conference with NATO head in Kyiv, on April 20, 2023. (AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy bersama Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden membahas melalui sambungan telepon membahas gejolak terbaru di Rusia. Zelenskyy pemberontakan Wagner mengungkap kelemahan rezim Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dikutip dari Al Arabiya, Kepresidenan Ukraina mengatakan Zelenskyy dan Biden berbagi penilaian mereka tentang perkembangan di Rusia. Zelenskyy mengatakan, "Peristiwa kemarin mengungkap kelemahan rezim Putin."

Dia menambahkan bahwa dunia harus menekan Rusia sampai tatanan internasional dipulihkan.

Kedua pemimpin juga membahas perluasan kerja sama pertahanan lebih lanjut, khususnya, meningkatkan daya tembak Ukraina di medan perang dengan senjata jarak jauh.

"Saya berterima kasih atas kesiapan Anda dan kesiapan rakyat Amerika untuk berdiri berdampingan dengan Ukraina hingga pembebasan penuh semua wilayah kami dalam perbatasan yang diakui secara internasional," kata Zelenskyy berterima kasih kepada Biden.

Gedung Putih mengatakan kedua pemimpin membahas peristiwa baru-baru ini di Rusia, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut. Dikatakan bahwa kedua presiden membahas serangan balasan Ukraina yang sedang berlangsung, dan Biden menegaskan kembali dukungan AS yang tak tergoyahkan, termasuk melalui bantuan keamanan, ekonomi, dan kemanusiaan yang berkelanjutan.

Kepala Kelompok Wagner, Yevgeny Prigozhin memicu krisis politik yang tak tertandingi dalam sejarah Rusia baru-baru ini melalui pemberontakan bersenjatanya, setelah berjanji pada hari Jumat untuk menggulingkan hierarki militer negara tersebut.

Selama akhir pekan, Prigozhin menginstruksikan pasukannya untuk merebut pangkalan militer penting di Rusia selatan dan memulai pawai di Moskow, namun tiba-tiba memerintahkan mereka untuk berbalik arah setelah kesepakatan dicapai pada hari Sabtu dengan Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko.

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Volodymyr Zelenskyy Amerika Serikat Joe Biden Pemberontakan Wagner




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :