Minggu, 12/05/2024 18:41 WIB

Apresiasi Majelis Hakim, Adik Lukas Enembe: Hakim Perhatikan Kesehatan Pak Lukas

Keluarga Lukas Enembe mengapresiasi Majelis Hakim Tipikor Jakarta yang beri perhatian khusus pada kondisi kesehatan Lukas Enembe

Eks Gubernur Papua, Lukas Enembe di Gedung Merah Putih KPK Jakarta.

Jakarta, Jurnas.com- Pihak keluarga Lukas Enembe menyampaikan apresiasinya pada Majelis Hakim Tipikor Jakarta yang memberi perhatian khusus pada kondisi kesehatan Lukas selama proses persidangan berlangsung. Hal itu menurut keluarga merupakan pertimbangan kemanusiaan hakim yang baik karena menempatkan aspek kesehatan Lukas sebagai bagian utama dalam proses penegakan hukum yang saat ini sedang berjalan.

"Bahwa dari proses persidangan terakhir kami melihat ada hati nurani hakim yang sangat memberi perhatian pada kesehatan Pak Lukas sampai-sampai bertanya aspek deteil  terkait penanganan yang selama ini diberikan. Ini memperlihatkan hakim punya sisi kemanusiaan dalam memproses perkara Pak Lukas ini," ungkap Elius Enembe, adik Lukas Enembe kepada wartawan, Minggu (25/6).

Menurut Elius, beberapa kali dalam persidangan, Majelis Hakim menanyakan kondisi kaki bengkak, termasuk menanyakan pada Lukas apakah penanganan kesehatan selama di tahanan sudah maksimal atau belum yang menurut Lukas tidak optimal dan meminta JPU KPK agar memberikan perhatian khususnya untuk selalu membangun komunikasi dengan pihak keluarga atau penasehat hukum manakala ingin memberikan layanan kesehatan pada Lukas.

"Dan majelis hakim sangat deteil setelah melihat sendiri hasil rekam medis Pa Lukas yang diberikan oleh dokter. Bahwa memang benar kondisi ginjal sudah kronis dan beberapa sakit yang lain, termasuk tensi  darah yang selalu di atas 200. Nuansa ini yang kami tangkap bahwa Majelis Hakim mereka punya hati melihat keadaan sakit Bapak," ucap Elius.

Pihak keluarga pun meyakini, bahwa dalam waktu dekat akan ada kebijaksanaan Majelis Hakim untuk memberikan kesempatan utama pada pemulihan kesehatan Lukas agar menjadi prioritas, termasuk harapan keluarga agar hakim mengabulkan permintaan agar Lukas bisa menjadi tahanan kota dalam rangka pemulihan kesehatan.

"Tentu saja kami meyakini karena hakim sudah melihat sendiri kondisi Pa Lukas seperti apa, maka kebijaksanaan untuk tahanan kota pada Pa Lukas harusnya tidak ada hambatan lagi. Kami keluarga mengharapkan itu sehingga upaya penanganan kesehatan Bapak bisa lebih maksimal lagi, beliau punya dokter yang selama ini rawat dan urus sehingga bisa lebih optimal," sambung Elius.

Adanya perhatian yang besar dari majelis hakim terkait kondisi kesehatan Lukas menurut Elius juga tampak saat sidang akan berakhir karena berulang kali hakim menyampaikan akan menampung semua usulan penasehat hukum dan menyampaikan secara eksplisit bahwa hakim memiliki itikad baik untuk kesehatan Pak Lukas.

"Ketika itu langsung disampaikan Majelis Hakim bahwa mereka punya itikad baik untuk kesehatan Pak Lukas kami keluarga juga lega dan terimakasih untuk itu. Apalagi saat menutup sidang hakim juga berpesan agar Bapak dia tetap menjaga kesehatan. Ini bukti kebijaksaan hakim yang kami harus apresiasi," tandasnya.

KEYWORD :

Lukas Enembe Majelis Hakim Kesehatan Elius Enembe




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :