Senin, 06/05/2024 14:43 WIB

Kapal Induk AS Tiba di Vietnam, Ada Apa?

Kedangan USS Ronald Reagan di Danang saat AS dan Vietnam merayakan peringatan 10 tahun

USS Ronald Reagan berada di Vietnam untuk berlabuh di pusat kota Danang. (Foto: AFP/Nhac Nguyen)

JAKARTA, Jurnas.com - Sebuah kapal induk Amerika Serikat (AS) tiba di kota Danang di Vietnam tengah pada hari Minggu (25/6). Kapal induk itu tiba beberapa minggu setelah Hanoi memprotes kapal-kapal China yang berlayar di perairannya.

Kedangan USS Ronald Reagan di Danang saat AS dan Vietnam merayakan peringatan 10 tahun "kemitraan komprehensif" mereka.

Kedutaan Besar Amerika di Hanoi mengatakan, kapal induk - bagian dari Armada ke-7 AS "mendukung wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka" - tiba dengan dua kapal pengawal, kapal penjelajah rudal USS Antietam dan USS Robert Smalls.

Pejabat Angkatan Laut AS turun dan berjabat tangan dengan rekan militer Vietnam mereka dalam upacara singkat pada Minggu sore.

"Lebih dari 5.000 pelaut di kapal USS Ronald Reagan sangat ingin mengunjungi Danang dan merasakan budaya Vietnam," kata komandan USS Ronald Reagan Kapten Daryle Cardone dalam sebuah pernyataan.

Vietnam dan AS berbagi hubungan perdagangan yang semakin dekat, serta kekhawatiran atas kekuatan China yang tumbuh di wilayah tersebut.

Sebuah kapal survei China, beberapa kapal penjaga pantai dan kapal penangkap ikan beroperasi selama beberapa minggu di zona ekonomi eksklusif Vietnam di Laut China Selatan, mendorong permintaan agar mereka pergi dari kementerian luar negeri Vietnam.

Kapal akhirnya berangkat pada awal Juni.

China mengklaim sebagian besar jalur air yang kaya sumber daya itu meskipun klaim bersaing dari negara-negara Asia Tenggara lainnya termasuk Vietnam, Filipina, dan Malaysia.

"Kunjungan tersebut memberikan pesan bahwa Vietnam terus mengimbangi China dengan meningkatkan hubungan keamanannya dengan AS, dan dengan kekuatan luar lainnya," kata Nguyen The Phuong, seorang kandidat PhD dalam keamanan maritim di University of New South Wales Canberra, mengatakan kepada AFP.

Kunjungan kapal induk AS itu menyusul kedatangan kapal angkatan laut India di Danang bulan lalu, serta kunjungan pelabuhan oleh kapal perang terbesar Jepang di Cam Ranh, sebuah kota di pantai tenggara, awal pekan ini.

Pham Thu Hang, juru bicara kementerian luar negeri Vietnam, mengatakan awal pekan ini bahwa panggilan pelabuhan adalah "pertukaran persahabatan biasa untuk perdamaian, stabilitas, dan kerja sama serta pembangunan di kawasan dan dunia".

Hubungan bilateral yang kuat antara AS dan Vietnam adalah kunci bagi Washington jika ingin tetap menjadi kekuatan dominan di kawasan itu, kata Phuong.

"AS berharap dengan mengirimkan salah satu aset angkatan laut mereka yang paling tangguh, mereka akan memiliki mitra tepercaya dan andal di Vietnam," kata dia.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken melakukan kunjungan singkat ke Hanoi pada bulan April dan menjelaskan bahwa dia ingin meningkatkan hubungan diplomatik.

Ini adalah kunjungan ketiga kapal induk AS ke Vietnam setelah kunjungan pelabuhan bersejarah oleh USS Carl Vinson pada tahun 2018, pertama kali kapal semacam itu tiba di negara itu sejak akhir perang.

Kunjungan tersebut mencakup beberapa acara budaya dan komunitas, seperti konser band Angkatan Laut AS, kunjungan ke panti asuhan dan pertandingan olahraga.

USS Ronald Reagan telah berbasis di Jepang sejak 2015.

Sumber: AFP

KEYWORD :

USS Ronald Reagan Kapal Induk AS Konflik Vietnam China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :