Kamis, 09/05/2024 18:23 WIB

Sri Lanka Mulai Lunasi Utang Minyaknya dari Iran dengan Teh

Pekerja mengangkut daun teh usai dipetik di perkebunan PTPN VI. (Illustrasi)

JAKARTA, Jurnas.com - Sri Lanka akan memulai melunasi utang impor minyaknya dari Iran senilai $250 juta atau sekitar Rp 3,7 triliun dalam bentuk teh pada bulan depan.

Barter disetujui pada 2021 untuk minyak yang diimpor pada 2012, tetapi pertukaran itu ditunda setelah Sri Lanka kekurangan dolar yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun lalu menjerumuskan ekonomi ke dalam krisis keuangan terburuk dalam lebih dari tujuh dekade.

"Ini sangat tepat waktu bagi kami karena kami mendapatkan akses ke pasar yang penting dan baik Iran maupun Sri Lanka dapat berdagang tanpa bergantung pada dolar," kata Ketua Dewan Teh Sri Lanka, Niraj de Mel kepada Reuters.

"Perjanjiannya adalah mengirimkan teh senilai $5 juta setiap bulan selama 48 bulan, tetapi kami berencana untuk memulai dengan sekitar $2 juta per bulan," kata dia.

Teh Ceylon yang populer secara global adalah tanaman penghasil devisa tertinggi di Sri Lanka, menghasilkan $1,25 miliar untuk negara yang kekurangan uang tahun lalu, menurut data pemerintah.

Iran telah menjadi salah satu pembeli teh utama Sri Lanka tetapi ekspor terus turun dari $128 juta pada 2018 menjadi $70 juta tahun lalu karena sanksi AS terhadap Iran menghantam perdagangan.

Sebagian besar teh Sri Lanka sekarang dikirim ke Iran melalui Uni Emirat Arab (UEA), data resmi menunjukkan, dengan UEA melipatgandakan impor tehnya dari Sri Lanka menjadi $118 juta tahun lalu dari $48 juta lima tahun lalu.

Di bawah program barter, Ceylon Petroleum Corp milik negara yang membeli minyak akan memberikan rupee kepada Dewan Teh untuk mengirimkan teh melalui eksportir Sri Lanka.

Importir teh Iran kemudian akan membayar riyal kepada Perusahaan Minyak Nasional Iran, kata de Mel. "Kami sedang menunggu dokumen akhir dan berharap dapat memulai ekspor mulai Juli," tambahnya.

Cadangan devisa Sri Lanka tumbuh menjadi $3,5 miliar pada akhir Mei - tertinggi dalam 14 bulan - dibantu oleh peningkatan pengiriman uang dan arus masuk pariwisata setelah mengamankan dana talangan $2,9 miliar dari Dana Moneter Internasional.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Sri Lanka Sri Lanka Utang Minyak Barter Teh dengan Minyak Teh Ceylon




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :