Senin, 29/04/2024 11:44 WIB

Empat Pemukim Israel Tewas Ditembak Pria Bersenjata Palestina di Tepi Barat

Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant memanggil panglima militer negara itu dan pejabat tinggi keamanan lainnya untuk membahas tanggapan atas penembakan itu.

Permukiman Israel, ilegal menurut hukum internasional, menampung antara 600.000 dan 750.000 pemukim Israel di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur (Ammar Awad/Reuters)

JAKARTA, Jurnascom - Setidaknya empat pemukim Israel telah tewas dalam penembakan oleh dua pria bersenjata Palestina di dekat pemukiman ilegal di Tepi Barat yang diduduki, sehari setelah serangan mematikan yang dilakukan oleh pasukan Israel.

Empat pemukim lainnya terluka pada Selasa (20/6), dua serius, dalam serangan di dekat Eli di Tepi Barat utara, kata layanan darurat Magen David Adom dalam sebuah pernyataan.

Salah satu pria bersenjata ditembak mati di tempat kejadian dan pasukan Israel kemudian membunuh tersangka kedua di dekat Nablus setelah dia melarikan diri dengan taksi. Militer Israel mengatakan seorang warga sipil "menetralisir" seorang pria bersenjata.

 

Warga Palestina itu diidentifikasi sebagai Mohannad Faleh Shhadeh, 26, dan Khaled Mostafa Sbah, 24, keduanya dari desa Urif dekat Nablus.

Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant memanggil panglima militer negara itu dan pejabat tinggi keamanan lainnya untuk membahas tanggapan atas penembakan itu.

Sekutu sayap kanan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu telah menyerukan operasi militer skala besar di Tepi Barat yang diduduki selama berbulan-bulan sekarang. Netanyahu kemudian mengeluarkan ancaman keras.

"Kami telah membuktikan dalam beberapa bulan terakhir bahwa kami membalas dendam pada semua pembunuh, tanpa kecuali. Siapa pun yang menyakiti kita akan berakhir di kuburan atau penjara. Inilah yang akan terjadi dalam kasus ini juga," kata pemimpin Israel itu.

Penembakan itu terjadi sehari setelah enam warga Palestina tewas di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki selama serangan militer Israel skala besar. Setidaknya 91 orang terluka selama serangan sembilan jam itu.

Pertempuran itu melihat Israel menggunakan helikopter tempur di Tepi Barat untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, dan pejuang Palestina meledakkan bom pinggir jalan yang besar di bawah kendaraan lapis baja Israel.

Hazem Qassem, juru bicara Hamas, kelompok yang memerintah Jalur Gaza yang terkepung, menggambarkan penembakan hari Selasa sebagai "tanggapan atas kejahatan pendudukan (Israel)" di Jenin dan di tempat lain.

Hamas kemudian mengatakan salah satu penembak adalah anggota sayap bersenjatanya. Jihad Islam Palestina juga memuji serangan itu, mengatakan itu adalah tanggapan alami terhadap meningkatnya agresi Israel terhadap rakyat Palestina.

Kelompok bersenjata itu menganggap penembakan itu sebagai bagian dari "hak sah warga Palestina untuk melakukan pembelaan diri".

Beberapa jam setelah serangan itu, pemukim Israel mengalir melalui kota-kota Palestina, mencoba membakar properti dan menghancurkan mobil dengan batu. Beberapa pemukim melepaskan tembakan ke arah warga Palestina yang keluar dari rumah mereka untuk menghadapi mereka, kata pejabat Nablus Ghassan Daghlas.

Lusinan warga Palestina diserang dan terluka oleh batu di seluruh kegubernuran Nablus, katanya, termasuk seorang jurnalis Palestina yang terkena pukulan di wajahnya. Video yang dibagikan secara online menunjukkan kebakaran besar yang melanda pedesaan.

Israel telah melakukan penggerebekan dan pembunuhan hampir setiap hari terhadap warga Palestina di Tepi Barat sejak Juni 2021 dalam upaya untuk menindak perlawanan bersenjata yang meningkat.

Pembicaraan perdamaian yang ditengahi Amerika Serikat (AS) antara Israel dan Palestina gagal pada 2014 dan tidak menunjukkan tanda-tanda kebangkitan.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Pemukim Israel Tewas Tepi Barat Konflik Israel Palestina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :