Sabtu, 04/05/2024 18:51 WIB

Legislator Dukung Usulan Peningkatan Anggaran Riset BRIN

Saya mengapresiasi usulan peningkatan anggaran riset, sekecil apapun ini sudah merupakan usulan yang peningkatan, yang tadinya Rp2,246 triliun di 2023, di depan dinaikkan di Rp2,285 triliun.

Anggota Komisi VII DPR RI Diah Nurwitasari dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VII dengan Kepala BRIN dan jajaran di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (19/6). (Foto : Oji/Man)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi VII DPR RI Diah Nurwitasari mengapresiasi usulan peningkatan anggaran riset Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada tahun 2024.

Meskipun peningkatan ini masih relatif kecil, ia berharap peningkatan anggaran riset ini dapat memajukan iklim riset di Indonesia. Karena itu, dorongan daya dukung anggaran untuk riset tersebut sudah sangat selayaknya untuk dimajukan.

“Saya mengapresiasi usulan peningkatan anggaran riset, sekecil apapun ini sudah merupakan usulan yang peningkatan, yang tadinya Rp2,246 triliun di 2023, di depan dinaikkan di Rp2,285 triliun. Saya tentunya berharap bahwa dengan peningkatan usulan di bidang riset itu betul-betul memajukan iklim riset di Indonesia,” ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VII dengan Kepala BRIN dan jajaran di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (19/6).

Di sisi lain, Politikus PKS itu menyatakan dengan adanya usulan kenaikan anggaran riset di tahun 2024, BRIN juga diharapkan untuk mengevaluasi hasil daripada program-program riset yang telah dihasilkan. Terutama terkait komunikasi dan sinergitas BRIN dengan Kementerian dan Lembaga lain terkait implementasi dari program riset yang telah dihasilkan.

“Misalnya, ketika BRIN bekerjasama dengan PT DI (Dirgantara Indonesia) dalam mengembangkan N219. gitu ya dalam risetnya. Begitu selesai dengan urusan itu, what’s next dengan N219? BRIN menganggap ya udah risetnya udah selesai, berikutnya harus masuk itu tahapan industrialisasi dan ini gimana nih komunikasi antara BRIN dengan Kementerian Perindustrian misalnya?” tuturnya.

 

KEYWORD :

Warta DPR Komisi VII Diah Nurwitasari BRIN anggaran riset




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :