Senin, 06/05/2024 12:45 WIB

Perdana Kunjungi Indonesia, Ini Agenda Kaisar Jepang

Perdana Kunjungi Indonesia, Ini Agenda Kaisar Jepang

Kaisar Jepang, Naruhito berkunjung ke Indonesia (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako tiba di Jakarta pada Sabtu (17/6). Ini merupakan kunjungan kenegaraan perdana keduanya sejak naik Tahta Krisan pada 2019 lalu.

Dalam kunjungan yang akan berlangsung pada 17-23 Juni itu Kaisar Jepang akan bertemu dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Negara, sekaligus mengunjungi pemakaman militer tentara Indonesia dan Jepang, yang gugur dalam zaman kemerdekaan.

Jepang memerintah Indonesia selama lebih dari tiga tahun selama dan setelah Perang Dunia II, merebutnya dari Hindia Belanda tanpa perlawanan, serta mematahkan citra superioritas Belanda.

"Sejak perang, Jepang telah bekerja keras untuk berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran internasional dengan negara-negara Asia termasuk Indonesia," ujar kaisar dikutip dari AFP.

"Berdasarkan sejarah diplomasi kedua negara, saya berharap kunjungan ini akan membantu memperdalam hubungan persahabatan antara bangsa kita," imbuh dia.

Selain berdoa di makam, kaisar juga akan mengunjungi MRT Jakarta yang dibangun dengan bantuan Jepang, dan stasiun pompa yang didanai Tokyo untuk mencegah banjir.

Setelah itu, pasangan kerajaan ini akan melakukan perjalanan ke Yogyakarta untuk bertemu Sri Sultan Hamengkubuwono. Selanjutnya kaisar dijadwalkan mengunjungi Borobudur, candi Budha terbesar di dunia.

KEYWORD :

Kaisar Jepang Naruhito Indonesia Kunjungan Kenegaraan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :