Senin, 06/05/2024 22:50 WIB

Prabowo Subianto Komitmen Hapus Budaya Korupsi di Industri Pertahanan

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyatakan komitmennya untuk menghapus budaya korupsi di lingkungan industri pertahanan nasional.

Menhan Prabowo Subianto pidato dalam Munas XI KAHMI di Palu, Sulawesi Tengah. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">Prabowo Subianto menyatakan komitmennya untuk menghapus budaya korupsi di lingkungan industri pertahanan nasional.

Prabowo mengatakan, budaya koruptif tersebut harus dihilangkan dari industri pertahanan. Sebab, hal itu menjadi bagian dari upaya menghindari Indonesia terjerumus ke dalam pusaran krisis.

"Kita bersyukur di saat krisis dunia akibat perang Ukraina, inflasi kita terjaga. Ini bukan prestasi yang gampang, inflasi adalah momok bagi seluruh di dunia. Masih banyak pekerjaan kita, budaya-budaya pemborosan, korupsi, kebocoran, harus kita atasi dengan sebaik-baiknya. Dan saya tak ragu-ragu bertindak, budaya mark up yang kelewatan luar biasa, budaya bohong dan budaya penipu, harus kita hilangkan dari industri pertahanan kita," kata Prabowo, saat menghadiri acara `The 1st DEFEND ID`s Day` di Hanggar PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Kamis (15/6).

Menurut Prabowo, industri pertahanan memiliki peran vital bagi kemerdekaan bangsa Indonesia. Sebagai negara besar, Indonesia selalu akan diganggu bila pertahanannya lemah.

"Jadi kalau ada yang bertanya kenapa pertahanan harus kuat, karena dunia memang keras, persaingan antar bangsa keras. Perang di Ukraina, di Sudan, Congo, Somalia terus menerus perang. Indonesia harus waspada dan harus kuat," kata Prabowo.

Prabowo juga menceritakan dirinya berkomitmen meningkatkan industri pertahanan dalam negeri sejak awal dilantik menjadi menhan oleh Presiden Jokowi. Dia mengungkit pemaparan Direktur Utama (Dirut) Defend ID Bobby Rosydin soal perolehan kontrak Defend ID yang meningkat.

"Waktu saya pertama menjadi Menhan, beberapa minggu, presiden kita memberikan tugas menhan. `Coba gimana industri pertahanan kita bisa kuat, bisa berdiri?`. Dengan demikian, tekad, niat, kehendak arah presiden kita, saya laksanakan dan saya eksekusi dan alhamdulillah tadi Pak Bobby menyampaikan laporan bahwa selama saya menjadi menteri pertahanan, kontrak untuk BUMN industri pertahanan naik 800 persen," kata Prabowo.

Atas hal itu, Prabowo menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak di Defend Id, termasuk kepada para pekerja di dalamnya. Prabowo lalu membicarakan tantangan bangsa Indonesia dalam menjadi bangsa yang kuat.

"Saya berusaha dan ini sudah saya laporkan ke Bapak Presiden tentang kemampuan kalian di PT PAL, PT DI, PT Len, Dahana, Pindad, NTP. Kita mampu, kalian mampu dan untuk itu saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kerja keras kalian, keteguhan kalian," kata Prabowo.

KEYWORD :

Prabowo Subianto Menhan Prabowo Subianto Prabowo Subianto Capres 2024 Anak Muda Suka Prabowo Pra




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :