Sabtu, 04/05/2024 12:18 WIB

2023, Toyota Indonesia Targetkan Ekspor 316.000 Unit

Langkah Toyota ini telah dimulai dengan mengekspor Yaris Cross tipe bensin dan hybrid electric vehicle (HEV) ke lebih dari 25 negara

Toyota Indonesia Luncurkan Kendaraan Elektrifikasi Kedua, Yaris Cross (Istimewa)

Karawang, Jurnas.com - Toyota Indonesia punya ambisi besar untuk bisa sukses di pasar ekspor. Pada 2023 ini, Toyota Indonesia targetkan peningkatan volume ekspor kendaraan bermerek Toyota sebesar 5% di angka 316.000 unit.

Selain meningkatkan volume ekspor, pada tahun ini Toyota Indonesia juga akan melakukan ekspansi negara-negara tujuan ekspor produk buatan anak bangsa, terutama ke kawasan Afrika yang semakin berkembang.

Langkah Toyota ini telah dimulai dengan mengekspor Yaris Cross tipe bensin dan hybrid electric vehicle (HEV) ke lebih dari 25 negara.

Yaris Cross merupakan model elektrifikasi produksi lokal kedua setelah Kijang Innova Zenix yang dibuat di Indonesia untuk konsumen domestik dan ekspor.

“Selain untuk pasar domestik, Yaris Cross buatan Indonesia dengan kandungan lokal 80% baik versi bensin maupun HEV juga ditujukan untuk pasar ekspor ke negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Asia, sehingga kami berharap dapat juga memberikan kontribusi ekonomi bagi bangsa Indonesia,” ujar Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, di Karawang, dikutip Rabu (14/6/2023).

Sebagai basis ekspor, Toyota Indonesia pada tahun 2023 menargetkan ekspor Yaris Cross versi bensin dan HEV sebanyak lebih dari 22.000 unit ke negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Asia. Diharapkan, ekspor Yaris Cross akan terus meningkat dari tahun ke tahun dengan target sekitar 40.000 unit di 2025.

Direktur Hubungan Eksternal PT TMMIN Bob Azam menambahkan, produksi lokal Yaris Cross, termasuk baterai dan mesin, menjadi bentuk kontribusi Toyota untuk meningkatkan kedalaman industri dalam negeri, khususnya dalam meningkatkan jumlah rantai pasok lokal yang terlibat.

"Dengan memproduksi Yaris Cross, kami menambah hingga 12 supplier baru sehingga total 116 supplier turut menyumbangkan nilai kandungan lokal hingga 80%,” ujar Bob Azam.

KEYWORD :

Yaris Cross Toyota Indonesia Ekspor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :